Modal Uang Tabungan, Pasutri Muda Raup Miliaran Rupiah dari Minuman Kecantikan

Pasangan muda suami istri Shela dan Ery menerima penghargaan konsumen terbanyak di marketplace untuk bisnis yang mereka rintis berupa produk minuman untuk kecantikan dengan merek Sheeby Beuty.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Bisnis – Pasangan suami istri Shela (25 tahun) dan Ery (28 tahun) asal Bogor, Jawa Barat, sukses merintis bisnis rumahan mereka meski baru dimulai belum genap dua tahun. Mereka memperkenalkan secara daring (online) produk minuman yang diklaim bermanfaat untuk kecantikan.

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Dimulai sejak 2021, pasustri ini menciptakan brand bernama Sheeby Beauty Collagen Drink, minuman berbentuk serbuk yang diklaim dapat mencerahkan dan melambapkan kulit dan untuk kalangan usia tiga belas tahun ke atas.

Produk tersebut berbahan utama collagen, L. glutathione, dan fiber, yang disebut bermanfaat untuk mencerahkan kulit, membuat kulit menjadi lebih kenyal, menjadi halus, menjadi agen anti-penuaan, serta sederet manfaat lainnya.

Gelar BIGMIND 2024, MIND ID Genjot Inovasi Digital Sektor Pertambangan

Usaha rintisan itu mulanya hanya bermodalkan uang yang mereka tabungkan tak lebih dari Rp 100 juta. Dari modal itu, ia mulai menjual mula-mula kepada teman-teman terdekat. Melihat respons pasar yang baik dan terbukti bermanfaat, Shela dan Ery memperluas jangkauan pemasaran melalui media sosial dan marketplace.

Pendapatan Cinema XXI Melonjak 47,6% di Kuartal-1 2024, Raih Laba Bersih Rp154 M

"Awalnya saya punya modal di bawah seratus juta itu. Jadi, awalnya [dijual] hanya [kepada] teman dekat aja sih, dan saya coba jualan secara online," kata Shela.

Pada 2022, produk kecantikannya diminati masyarakat di luar wilayah Bogor, bahkan termasuk di kota-kota besar di Indonesia, selain Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, juga Surabaya, Semarang, Medan, dan Bandung. Dalam sehari mereka mampu mengirimkan ratusan produknya.

Ery, suami Shela, mengatakan, sejak tahun 2021, menjual ratusan paket minuman kecantikan produknya. Kemudian melonjak pada tahun 2022 dengan puluhan ribu paket dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia. Capaian tersebut membuat Sheeby Beauty Collagen Drink disebut sebagai salah satu suplemen kolagen terlaris di marketplace.

Meski terbilang sukses dan laris manis di pasaran, Ery mengatakan, saat ini usahanya sedang menghadapi masalah karena banyak produk palsu atau tiruan yang dijual di pasaran menggunakan merek serupa. Sedangkan produk Sheeby Beuty hanya dijual seharga Rp 35 ribu dengan ukuran per 50 gram dan satu varian saja rasa strawberry.

"Jadi, produknya (tiruan) memiliki kemasan yang berbeda dan dengan cara memasarkan yang beda. Produk saya hanya dijual secara online; jadi, kalau ada yang jual secara offline itu bukan produk saya," ujar Ery.

Menurut Ery, produknya dilirik karena saat ini banyak orang yang ingin tampil cantik dan menarik. "Dari testimoni, produk kami ini dipercaya masyarakat Indonesia dan terbukti bisa membuat tampil lebih putih dan cantik."

Meski mengalami jatuh bangun dalam membangun usaha Sheeby Beauty, terutama karena banyak produknya yang ditiru oleh orang lain, Shela dan Ery kini memiliki banyak pelanggan di seluruh Indonesia, hingga omzetnya mencapai miliaran rupiah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya