Diserang Rusia, Gudang Uranium Ukraina Diduga Meledak

VIVA Militer: Ledakan di Kiev, Ukraina, akibat serangan militer Rusia
Sumber :
  • unian.info

VIVA Dunia – Sebuah video viral memperlihatkan adanya ledakan besar di dekat kota Khmelnytskyi, Ukraina Barat. Dari video dengan klaim yang tidak diverifikasi tersebut, ledakan itu berasal dari fasilitas penyimpanan depleted uranium, dan dilaporkan bahwa tingkat radiasi meningkat setelah serangan.

Kekhawatiran tentang keamanan fasilitas nuklir Ukraina, termasuk pembangkit listrik Zaporizhzhia yang saat ini berada di bawah kendali Rusia. Serta gemuruh senjata nuklir Moskow, telah memicu kekhawatiran eskalasi selama 14 bulan perang antara Rusia-Ukraina.

Melansir Newsweek Sabtu, 20 Mei 2023, Newsweek Misinformation Watch, tengah mencari kebenaran klaim dan spekulasi seputar subjek dalam upaya untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di kota Ukraina Barat.

Adapun melalui video yang beredar di media sosial itu, terlihat bahwa bola api besar muncul di langit. Dengan beberapa laporan dalam bahasa Inggris, Ukraina dan media Rusia melakukan geolokasi ledakan ke daerah dekat Khmelnytskyi, pusat administrasi Oblast Khmelnytskyi, sekitar 100 mil dari perbatasan Ukraina dengan Moldova.

"Menurut informasi, nilai amunisi yang dihancurkan di depot amunisi Khmelnytsky adalah sekitar 500 juta dolar," kata postingan Spriter, yang dilihat hampir 7 juta kali itu.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

VIVA Militer: Ledakan di Kiev, Ukraina, akibat serangan militer Rusia

Photo :
  • unian.info

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

"Bidikan lain dari Khmelnitsky menunjukkan awan jamur besar naik ke langit setelah Pasukan Dirgantara Rusia menghantam objek militer Ukraina di kota pagi tadi," kata sebuah posting oleh Trollstoy yang menerima hampir 230.000 tampilan.
Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi


"Orang-orang Rusia menghisap sejumlah besar uang pajak Amerika dan Eropa di Khmelnitsky Ukraina," klaim posting lain.

"Mendengar desas-desus bahwa ada persediaan besar amunisi uranium habis di gudang yang diledakkan. Cukup besar jika benar," cuit Russians With Attitude, sebuah akun yang dikenal menyebarkan propaganda pro-Kremlin.

Keganasan ledakan itu, termasuk awan asap seperti jamur yang tampak menyeramkan di langit, juga memicu klaim yang belum diverifikasi tentang berbagai jenis amunisi yang dapat diledakkan dan spekulasi terkait senjata nuklir.

"Jika depot senjata NATO yang diledakkan Rusia berisi amunisi uranium habis seperti yang dipasok oleh Inggris, wilayah Ukraina tersebut dapat menjadi sarang kanker paru-paru dan cacat lahir. Karena debu dari amunisi DU [depleted uranium] yang meledak dapat mencemari area yang luas di tanah selama beberapa dekade," tulis Kim Dotcom, seorang komentator anti-globalis terkemuka dan ahli teori konspirasi.
Momen Prabowo Subianto saat terima telepon dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

Prabowo menyinggung sikap negara barat yang aktif kritis saat Rusia melakukan invansi ke Ukraina. Tapi, kebrutalan Israel ke Palestina minim.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024