Fraksi PAN, Nasdem dan Demokrat Kritik Subsidi Kendaraan Listrik di Rapat Paripurna

Ilustrasi rapat paripurna DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Sejumlah Anggota DPR RI menilai kebijakan Pemerintah untuk memberikan bantuan subsidi pada pembelian kendaraan listrik hanya berpihak kepada pengusaha dan masyarakat kaya. Sebab, hingga saat ini masih banyak hal mendesak yang harus diselesaikan Pemerintah, seperti pemerataan ekonomi hingga penanggulangan kemiskinan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Hal itu disampaikan anggota, dalam Rapat Paripurna DPR pada Penyampaian Tanggapan Fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024.

Anggota DPR RI fraksi PAN Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio menilai, pemerintah seharusnya memberikan subsidi transportasi umum kepada masyarakat kelas bawah dibandingkan harus memberikan bantuan subsidi mobil listrik.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Subsidi mobil listrik lebih baik diarahkan untuk Pemerintah memberikan subsidi kepada transportasi umum yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat kelas bawah. Atau juga subsidi bidang pertanian yaitu pupuk yang selalu semakin menurun," kata Eko, Selasa, 23 Mei 2023.

Ilustrasi gambar tempat pengisian kendaraan listrik

Photo :
  • PT PLN
Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Senanda dengan Eko, Anggota Komisi XI DPR RI Fauzi Amro dari Fraksi NasDem mengatakan, pihaknya meminta kepada Pemerintah untuk melakukan belanja yang berkualitas. Menurutnya, Pemerintah lebih baik membangun pemerataan ekonomi hingga menanggulangi kemiskinan.

"Diharapkan fokus membangun pemerataan ekonomi, menanggulangi kemiskinan serta memperkuat sektor pertanian, perikanan, dan pangan pada umumnya. Dibanding melontarkan subsidi untuk kepentingan kendaraan listrik," kata Fauzi di depan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Pun, Anggota komisi I DPR Fraksi Demokrat Rizki Aulia Rahman Natakusumah menuturkan, partai Demokrat meminta Pemerintah agar mengalokasikan subsidi untuk membangun infrastruktur ramah lingkungan dan mendukung transportasi massal.

"Kami memandang pemberian subsidi untuk kendaraan listrik pribadi, justru kontraproduktif karena seolah-olah subsidi ini di berikan kepada pengusaha, masyarakat yang mampu. Bukan kepada rakyat kecil yang sangat membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya