Ingin RI Jadi Pusat Halal Dunia, Sri Mulyani Beberkan Dukungan Pemerintah

Sri Mulyani Rapat Kerja Dengan Komisi III DPR RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan, Pemerintah telah memberikan berbagai dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya. Hal itu dilakukan sebagai langkah agar Indonesia menjadi negara pusat halal dunia.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Sri Mulyani mengatakan, beberapa dukungan itu di antaranya diberikan dalam bentuk fasilitas sertifikasi halal, dan kemudahan ekspor bagi UMKM industri halal.

"Berkenaan dengan perpajakan, kami juga memadankan NIK dan NPWP, dan bagi UMKM yang omzetnya masih di bawah Rp 500 juta maka terbebas dari pajak penghasilan tunai," ujar Sri Mulyani dalam Islamic Development Bank Jumat, 23 Mei 2023.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Dia menuturkan, dalam mendukung pengembangan itu di antaranya diberikan pada industri makanan, minuman, fesyen, farmasi, serta kosmetik serta pariwisata dan media.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Sedangkan dari sisi pembiayaan jelas dia, Pemerintah memberikan berbagai instrumen salah satunya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sri Mulyani Rapat Kerja Dengan Komisi III DPR RI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Di dalam KUR yang merupakan salah satu agenda atau instrumen penting mendukung UMKM juga diperkenankan dari sisi instrumen syariah. Seperti zakat, wakaf, infaq shodaqoh serta asuransi syariah juga dijadikan sebagai alternatif pembiayaan," ujarnya.

Dia menegaskan, ekonomi syariah tidak akan bisa berkembang maki jika tidak dilakukan pendalaman ekonomi dan keuangan syariah.

"Oleh karena itu terus dilakukannya inovasi kreatifitas dan pendalaman dari sisi likuiditas menjadi sangat penting," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya