Optimalkan Penerbangan, Garuda Indonesia Gandeng Singapore Airlines untuk Rute Ini

Singapore Airlines.
Sumber :
  • Angkasa Pura I

VIVA Bisnis – Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama Singapore Airlines menjalin kemitraan strategis. Kemitraan itu dilakukan dengan penjajakan kerja sama komersial melalui pendekatan skema 'Joint Venture' rute penerbangan antara kedua maskapai.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan, skema joint venture rute penerbangan itu akan dilakukan pada rute Singapura - Denpasar, Singapura - Jakarta, dan Singapura - Surabaya.

"Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari perluasan kolaborasi komersial, yang telah terjalin sejak November 2021," kata Irfan dalam keterangannya, Senin, 29 Mei 2023.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Photo :
  • Dok. Garuda Indonesia

Kerja sama ini memungkinkan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines untuk mengoptimalkan strategi pengembangan jaringan penerbangan, antara Singapura dan Indonesia. Misalnya dengan menambah ragam pilihan jadwal penerbangan yang saling melengkapi antara kedua maskapai, termasuk memberikan harga yang lebih kompetitif bagi pengguna jasa kedua pihak tersebut.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

"Kerja sama ini sekaligus memperkuat landasan kolaborasi program corporate antara kedua maskapai, yang dapat dikembangkan ke depannya," ujarnya.

Irfan berharap, dengan terjalinnya kerja sama selama lebih dari satu dekade antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, kolaborasi dengan skema Joint Venture rute penerbangan ini akan menjadi inisiatif lanjutan perluasan kerja sama yang memberikan nilai lebih bagi pengalaman terbang untuk pelanggan kedua maskapai.

"Kerja sama ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi jaringan kami, dengan mengoptimalkan jadwal penerbangan melalui kemitraan bersama Singapore Airlines.  Melalui inisiatif ini, kedua maskapai sepakat untuk mengeksplorasi lebih banyak keuntungan bagi pengguna jasa penerbangan, dengan menawarkan pilihan ragam jadwal yang selaras dengan standar layanan yang diusung oleh Garuda Indonesia dan Singapore Airlines," ujar Irfan.

Sementara itu, Chief Executive Officer Singapore Airlines, Goh Choon Phong mengatakan, skema joint venture ini akan menjadi kolaborasi yang memberikan keuntungan bagi kedua maskapai, melalui peningkatan kemitraan jangka panjang antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

"Hal ini sekaligus sebagai bentuk komitmen kami untuk menumbuhkan pasar penerbangan di Indonesia dan Singapura, memfasilitasi kebutuhan konektivitas yang lebih baik, serta mempromosikan kedua negara sebagai tujuan wisata regional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya