Mitigasi Insiden Pelayaran, Ini Strategi Pertamina International Shipping

Kapal Pertamina International shipping.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – Dalam upaya mengantisipasi risiko dan mitigasi insiden-insiden terkait operasional pelayaran, PT Pertamina International Shipping (PIS) akan komitmen dan konsisten untuk terus menjalin koordinasi dengan sejumlah pihak.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PIS, Surya Tri Harto mengatakan, hal itu sebagaimana penanganan terhadap MT Kristin, yang sukses dilakukan berkat koordinasi antara sejumlah pihak terkait. Di antara lembaganya adalah pihak Ditpolairud Polda NTB, Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri (Kapal Polisi Baladewa-8002), dan Basarnas Mataram.

"Insiden yang telah terjadi sekaligus menjadi pembelajaran berarti bagi para pihak, untuk terus meningkatkan kewaspadaan sekaligus layanan perusahaan," kata Surya dalam keterangannya, Jumat, 2 Juni 2023.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Kapal Pertamina International Shipping.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Dengan torehan keberhasilan pada upaya penyelamatan dan penanganan insiden kapal MT Kristin, PIS pun menyerahkan apresiasi berupa penghargaan kepada tim Ditpolairud Polda NTB, Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri (Kapal Polisi Baladewa-8002), dan Basarnas Mataram.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Penghargaan diserahkan oleh Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PIS, Surya Tri Harto, didampingi oleh Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus. Penghargaan itu pun diterima langsung oleh Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Kesatuan Polda NTB, Kombes Pol. Kobul Syahrin Ritonga, Komandan Polisi KP Baladewa 8002, Kompol Carito dan Muhdar, sebagai Kasiops Basarnas Mataram.

"PIS berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Ditpolair dan Basarnas dalam aksi cepat tanggap penyelamatan kapal MT Kristin yang mengangkut BBM Pertamina. Semoga hal ini bisa menjadi momen untuk menjalin hubungan lebih baik antara PIS, Basarnas, dan Ditpolairud," ujar Surya.

Dia berharap, dengan silaturahmi yang telah terjalin, koordinasi dalam mengantisipasi risiko dan mitigasi insiden ke depannya bisa berjalan dengan lancar dengan para pihak. Insiden yang telah terjadi, sekaligus menjadi pembelajaran berarti bagi para pihak untuk terus meningkatkan kewaspadaan sekaligus layanan perusahaan.

Penghargaan diserahkan oleh PIS sebagai bentuk apresiasi kepada dua lembaga yang telah banyak membantu dalam penanganan insiden lalu, bukan hanya aksi penyelamatan kru kapal. Tetapi juga penyelamatan kargo pascainsiden, yang juga telah berhasil terangkut tanpa adanya dampak lingkungan.

Kombes Pol Ditpolairud Polda NTB, K.S Silitonga, menerima dengan hangat penghargaan yang diberikan oleh pihak PIS.

"Kami ucapkan terima kasih atas undangan dan pemberian reward, ini menjadi motivasi kepada kami untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya