Biang Kerok Kenaikan Harga Bawang Merah dan Putih

Panen bawang merah.
Sumber :

VIVA Bisnis – Kenaikan harga pada bawang putih dan bawang merah turut mendorong kenaikan inflasi pada Mei 2023. Badan Pusat Statistik (bps) mencatat, inflasi Mei secara bulanan sebesar 0,09 persen month to month (mtm).

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan, naiknya harga bawang merah saat ini disebabkan kurangnya suplai dari para produsen.

"Sehingga produksi belum banyak. Pada akhirnya mengakibatkan pasokan yang masuk belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat," kata Pudji dalam konferensi pers Senin, 5 Juni 2023.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

Deputi

Photo :
  • 1470762

Selain itu kata Pudji, pasokan bawang merah yang masuk juga belum sebanyak saat panen raya. Sedangkan pada komoditas bawang putih, kenaikan harga disebabkan adanya kendala impor.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Untuk bawang putih banyak dari impor, ini ditengarai karena impor bawang putih belum masuk ke Indonesia secara utuh. Sehingga pasokan bawang putih di pasar pasar tradisional masih sangat terbatas, tentunya mengakibatkan harga lebih mahal atau tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, BPS mencatat inflasi pada Mei 2023 secara tahunan sebesar 4,00 persen secara year on year (yoy). Sedangkan secara bulanan terjadi inflasi sebesar 0,09 persen mtm.

Bawang

Photo :
  • 1309770

"Pada Mei 2023 terjadi inflasi 0,09 persen atau terjadi kenaikan indeks harga konsumen dari 114,74 pada April menjadi 114,84 pada Mei 2023," kata Pudji.

Pudji menjelaskan, secara bulanan inflasi terbesar disumbangkan oleh bawang merah dengan andil 0,03 persen, daging ayam ras 0,03 persen, ikan segar 0,02 persen. Kemudian telur ayam ras 0,02 persen, rokok kretek filter 0,02 persen, dan bawang putih 0,02 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya