Pernah Jadi Kuli, Intip Sumber Cuan Triliuner Tertua di Indoneisa Lim Hariyanto Wijaya

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono
Sumber :
  • KingFoto/Bumitama Agri

Jakarta – Kancah orang terkaya di Indonesia salah satunya terfokus pada sosok Lim Hariyanto Wijaya Sarwono, sebagai salah satu orang terkaya di Tanah Air dengan usia tertua, yakni mencapai 94 tahun.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Berdasarkan data real time Forbes pada Kamis, 8 Juni 2023, Lim tercatat sebagai orang terkaya ke-8 di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$4,3 miliar, atau setara Rp 64,07 triliun (asumsi kurs Rp 14.900 per US$).

Lim dikenal sebagai pengusaha perkebunan kelapa sawit, melalui bendera Bumitama Agri. Perusahaan sawit itu tercatat sebagai emiten di Singapura, namun dengan kebun kelapa sawit berada di Indonesia.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Dilansir dari berbagai sumber, Lim Hariyanto merupakan anak dari Lim Tju King yang berkewarganegaraan China, yang kemudian pindah ke Kalimantan. Setelah pindah dari China, Lim Tju King pun mulai bekerja serabutan dari berdagang hingga menjadi kuli.

Ilustrasi

Photo :
  • 1362945
UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Dia kemudian membuka toko kelontong pada tahun 1915 yang semakin sukses bahkan bertambah luas hingga ke berbagai usaha lainnya. Lim Tju King kemudian meneruskan usahanya ke sang anak, yakni Lim Hariyanto.

Bersama mitranya asal China, Lim Hariyanto kemudian membentuk Grup Harita. Melalui salah satu lini usahanya, PT Trimegah Bangun Persada (TBP), Harita pun diketahui mengelola tambang dan smelter nikel di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Ilustrasi

Photo :
  • 1374219

Grup Harita milik keluarga Lim itu juga memiliki mayoritas saham perusahaan tambang bauksit, yakni Cita Mineral Investindo. Kini, kerajaan bisnis Lim Hariyanto mulai diwariskan ke anak-anaknya.

Salah satu anaknya, Lim Gunawan Hariyanto, merupakan CEO Bumitama Agri. Sedangkan salah satu putrinya, Lim Christina Hariyanto, merupakan komisaris utama Harita Kencana Sekuritas.

Grup Harita milik keluarga Lim diketahui juga memiliki mayoritas perusahaan tambang bauksit yang terdaftar, yakni Cita Mineral Investindo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya