Aksi Perusahaan Hulu Migas Cs Dorong Perluasan Pasar UMKM Lokal di Papua dan Maluku

Cara perusahaan hulu migas dukung UMKM di Papua dan Maluku.
Sumber :
  • Dok. SKK Migas

Sorong – 15 UMKM unggulan binaan perusahaan hulu migas atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas unjuk gigi di Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu). Acara yang digelar Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) itu ada di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Mereka hadir dengan menampilkan produk barang dan jasa berkualitas, yang mampu bersaing di pasaran. Salah satunya adalah Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) Sumur Olie Klamono. UMKM ini merupakan wadah usaha warga Kampung Klamono Olie yang berada di sebelah timur Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. 

Kelompok usaha binaan PT Pertamina EP ini memamerkan produk makanan olahan seperti keripik pisang dengan kemasan modern. Kebersihan dan keamanan dalam proses produksi sudah terjamin sehingga dapat dipasarkan secara resmi.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ada pula es krim rumput laut buatan BUMDes Arar Berdikari yang lumayan diminati. Cukup bermodalkan Rp 5.000, pengunjung bisa mencicipi es krim berbahan dasar rumput laut. 

“Es krim dibuat oleh kelompok perempuan di Desa Arar, Kabupaten Sorong. Proses pembuatannya dijamin higienis,” kata M. Yassin Rumbrawar, salah seorang pengelola, sambil menyorongkan satu cup es krim rumput laut untuk dicicipi, dikutip dalam keterangan resmi SKK Migas, Sabtu, 17 Juni 2023.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Keberadaan Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 Wilayah Pamalu layaknya seperti festival UMKM. Selain diramaikan UMKM binaan KKKS, ada juga 13 perusahaan dalam negeri yang berpartisipasi. Salah satunya adalah PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang datang jauh-jauh dari Bontang.

“Kami hadir mempromosikan produk pupuk unggulan guna mendukung produktivitas sektor pertanian dan industri, yang juga memiliki potensi besar di Papua. Selama ini di Papua kami hanya memiliki jalur distribusi. Dalam waktu dekat, Pupuk Kaltim akan membangun pabrik pupuk amoniak dan urea di Fakfak,” ungkap Anggi Annisa, Corporate Communication Pupuk Kaltim.  

Booth yang juga ramai didatangi pengunjung adalah Roemah Kopi Roastery Sorong. Mereka menawarkan berbagai minuman olahan kopi seperti Cappuccino, Americano, Kopi Susu dan Kopi Hitam. Semua kopi yang disajikan asli kopi lokal Papua. Di booth ini, pengunjung bisa mencicipi sajian kopi gratis. Hanya saja, untuk mendapatkannya perlu sedikit bersabar karena harus antre. Menurut Ibu Uli, pengelola Roemah Kopi Roastery Sorong, pihaknya sengaja diundang oleh SKK Migas. 

“Ini pertama kalinya kami ikut Forum Kapnas. Ternyata banyak peluang bisnis yang bisa ditindaklanjuti. Kemarin kami kedatangan pengunjung yang berpotensi jadi mitra pemasok kopi Nabire,” ujarnya bersemangat.

Di ujung acara, penyelenggara mengumumkan UMKM terbaik dari 4 kategori. Kategori booth terbaik diraih UMKM Sumur Olie Klamono (binaan Pertamina EP). UMKM dengan kemasan produk terbaik dimenangkan oleh Papua Kreasi Sejahtera, binaan bp (British Petroleum).

Kategori UMKM dengan varian produk terbanyak diisi oleh Galeri Putro Patricio, binaan Inpex. Kelompok ini menampilkan tenun ikat khas Tanimbar (Maluku), dengan beragam produk turunan seperti rompi, tas tangan, tas selempang dan taplak meja.  Kategori video profile terbaik diperoleh UMKM Bumdes Arar Berdikari, binaan Petrogas. Sementara itu, untuk perusahaan lokal (non UMKM), Buma Perindahindo meraih predikat booth terbaik. 

Penguatan kapasitas lokal menjadi isu yang mengemuka di Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 Wilayah Pamalu. Mengenai pemberdayaan UMKM, misalnya, para pemangku kepentingan industri hulu migas yang hadir menyatakan tidak akan berhenti pada pelatihan dan keterampilan produksi. Menurut Koordinator Tim Kerja Pelaksana Forum Kapnas III Tahun 2023, Fery Sarjana, salah satu yang terus didorong Forum Kapnas adalah perluasan pasar UMKM.

“Kami terus memperkuat UMKM supaya punya daya saing. Hal baru yang dilakukan Forum Kapnas kali ini adalah mempertemukan UMKM dengan marketplace. Di Papua, ada UMKM Subitu binaan bp yang produknya sudah listing di Tokopedia. Bisa dicek,” papar Fery. 

Hadirnya produk UMKM binaan SKK Migas dan KKKS di marketplace, katanya, sudah memberikan dampak signifikan terhadap volume penjualan.

Direktur Utama PT Pertamina EP, Wisnu Hindadari menambahkan, UMKM dapat naik kelas dengan cara beradaptasi dengan perkembangan digital. "Dengan demikian, akses pasar akan terbuka luas, bukan saja di tingkat lokal, namun juga hingga level nasional, bahkan global,” jelasnya.

Sebelumnya, Vice President Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas sekaligus Ketua Umum Forum Kapnas Erwin Suryadi mengatakan, SKK Migas dan KKKS terus meningkatkan kapasitas pelaku UMKM pendukung industri hulu migas agar pemanfaatan komponen dalam negeri makin optimal.

“Kerja sama produktif ini secara alamiah akan meningkatkan TKDN industri hulu migas,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya