Kuasai Pasar Pembiayaan Perumahan Subsidi, BTN Syariah Dapat Pengakuan Global

BTN Syariah.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta – Kinerja Unit Usaha Syariah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN Syariah) diapresiasi dunia internasional. Dengan, meraih penghargaan internasional The Best Islamic Project Finance House 2023 di ajang Euromoney Awards or Excellence 2023 di Dubai.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Direktur Consumer  BTN Hirwandi Gafar mengatakan apresiasi positif tersebut menjadi angin segar bagi BTN Syariah di tengah upaya perseroan terus menyalurkan pembiayaan di sektor perumahan. Khususnya dengan skema syariah.

“Sehingga dapat lebih banyak memberikan manfaat bagi seluruh kelompok masyarakat Indonesia khususnya dalam membantu mereka memiliki rumah melalui skema syariah, termasuk para milenial," ujar Hirwandi sebagaimana dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

BTN Syariah.

Photo :
  • Dokumentasi BTN Syariah.

BTN Syariah menurutnya, meraih penghargaan dari lembaga internasional seperti Euromoney karena peran yang signifikan dalam pembiayaan perumahan berbasis syariah di Indonesia.

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

BTN Syariah, lanjutnya, memberikan pembiayaan perumahan kepada nasabah mulai dari pembiayaan pemilikan rumah (KPR) bagi seluruh kalangan. Seperti kaum milenial, kelas menengah, hingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Hirwandi melanjutkan, fasilitas khusus yang disediakan bagi milenial untuk memiliki rumah yakni BTN HITS (Hijrah to Syariah). Adapun layanan KPR Unit Usaha Syariah (UUS) BTN menggunakan skema musyarakah mutanaqisah yang membuat masyarakat dapat membayar angsuran secara berjenjang sesuai kesepakatan dengan bank.

Selain itu, perusahaan juga memberikan pembiayaan untuk kepemilikan lahan, konstruksi rumah, hingga untuk renovasi rumah.

Dengan berbagai strategi dalam pembiayaan perumahan tersebut, per Desember 2022, BTN Syariah menguasai 81 persen pangsa pasar pembiayaan perumahan subsidi dibandingkan bank syariah lainnya di Indonesia.

BTN Syariah juga terus menggelar berbagai inisiatif untuk meningkatkan pembiayaan perumahan subsidi mulai dari kerja sama berbasis komunitas hingga berkolaborasi dengan stakeholder.

Sementara itu, dengan seluruh kinerja dan inisiatif tersebut, UUS BTN mencatatkan pertumbuhan laba bersih dari akhir 2020 ke akhir 2022 (compound annual growth rate/CAGR) sebesar 57,2 persen dengan aset yang juga tumbuh sebesar 16,7 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya