Citilink Setop Penerbangan Padang-Kuala Lumpur, Bagaimana Dampaknya ke Kunjungan Wisatawan?

Pesawat maskapai Citilink (foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVAnews / Dwi Royanto

Padang – Maskapai Citilink memberhentikan layanan penerbangan internasional Padang-Kuala Lumpur. Sektor pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) disebut tidak terlalu terimbas akibat kebijakan tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Sampai saat ini kunjungan wisatawan dari Malaysia masih seperti biasa, tidak terimbas oleh pemberhentian layanan Citilink," kata Luhut di Padang, Jumat, 23 Juni 2023.

Masih Ada Penerbangan AirAsia

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Maskapai AirAsia.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Ia mengatakan untuk penerbangan internasional Padang-Kuala Lumpur, wisatawan masih bisa menggunakan maskapai Air Asia yang membuka penerbangan tiga kali seminggu.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Menurutnya, Malaysia memang menjadi salah satu pasar potensial pariwisata Sumbar. Hampir 80 persen jumlah wisatawan asing yang datang ke Sumbar setiap tahun berasal dari negeri jiran tersebut.

Akses penerbangan langsung menjadi faktor pendukung utama untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Berdasarkan pengalaman, kata Luhur, tanpa adanya penerbangan langsung, jumlah wisatawan asal Malaysia berkurang signifikan.

Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar

Photo :
  • Dokumentasi Angkasa Pura II

Hal itu pernah terjadi saat penghentian penerbangan internasional ketika pandemi COVID-19. Setelah pandemi mereda, penerbangan internasional dibuka, namun dipusatkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Meski penerbangan internasional telah dibuka melalui Bandara Soekarno-Hatta, tapi kunjungan wisatawan Malaysia ke Sumbar masih sangat rendah. Hal itu disebabkan biaya yang lebih besar dan tidak efisien dari segi waktu jika ke Sumbar lewat Jakarta.

"Makanya penerbangan langsung Padang-Kuala Lumpur menjadi sangat penting. Semakin banyak maskapai tentu semakin baik karena wisatawan punya alternatif pilihan. Tetapi saat ini masih terlayani oleh maskapai Air Asia," katanya lagi.

Luhur menyebut, ia juga sudah berkomunikasi dengan pihak Citilink dan disampaikan penghentian layanan penerbangan internasional itu semata atas pertimbangan strategi bisnis. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya