Pertamina Patra Niaga Ungkap Tren Lonjakan Konsumsi Energi saat Libur Idul Adha

Pengisian BBM di SPBU.
Sumber :
  • Dok. Pertamina Patra Niaga.

Jakarta – Pertamina Patra Niaga selaku Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terjadinya peningkatan konsumsi energi masyarakat selama 5 hari libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha. Kebutuhan energi masyarakat itu disebut berhasil terpenuhi.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan tren konsumsi saat libur Idul Adha kemarin sempat meningkat.

“Peningkatan BBM, LPG, dan Avtur polanya cukup sama, terjadi sebelum dan sesudah Idul Adha. Tren ini cukup normal mengingat pada perayaan Idul Adha nya sendiri terjadi penurunan konsumsi energi masyarakat,” tutur Irto dikutip dalam keterangan resmi, Selasa, 4 Juli 2023.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Pertamina Patra Niaga disebut memang telah melakukan perhitungan estimasi peningkatan kebutuhan BBM, LPG, maupun Avtur sebagai upaya memastikan kebutuhan energi ini terpenuhi selama libur panjang.

Peningkatan BBM jenis gasoline atau bensin terjadi signifikan pada 28 Juni. Pada dua hari sebelum Idul Adha tersebut, realisasi tertingginya mencapai 109 ribu kilo liter (KL) per hari dari rata-rata periode 1-21 Juni 2023 sebesar 95 ribu KL. 

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Gasoil atau diesel juga terjadi peningkatan sebelum Idul Adha, sempat mencapai 52 ribu KL dari rata-rata sekitar 49 ribu KL per harinya.

Pertamina menjaga pasokan energi memenuhi kebutuhan BBM dan LPG bersubsidi

Photo :
  • Pertamina

LPG juga menunjukkan tren yang serupa, di mana peningkatan tertinggi juga terjadi pada tanggal 28 Juni, baik untuk LPG subsidi maupun LPG non subsidi. Untuk LPG subsidi, puncak konsumsi masyarakat mencapai lebih dari 30.000 metrik ton (MT), lebih tinggi dibanding dari rata-rata Bulan Juni 2023 sekitar 25.000 MT. 

Untuk LPG non subsidi, peningkatan terjadi pada tanggal 27 Juni, di mana konsumsi masyarakat tercatat mencapai sekitar 1.300 MT dari rata-rata sekitar 1.000 MT.

Untuk Avtur sendiri, Irto mengatakan bahwa ada peningkatan konsumsi terutama di awal dan di akhir masa libur panjang. Pada periode 24 hingga 27 Juni, konsumsi Avtur terus naik hingga mencapai diatas 11.000 KL per hari, lalu mengalami penurunan dan kembali naik hingga mencapai angka 11.400 KL pada tanggal 2 Juli 2023.

“Tren peningkatan konsumsi ini sebelumnya sudah kami proyeksikan, artinya sejak awal Pertamina Patra Niaga sudah menghitung kira-kira peningkatan kebutuhan tersebut. Antisipasi dan distribusi kami lakukan dengan maksimal, dan sepanjang libur Idul Adha bisa dikatakan kebutuhan energi terpenuhi dengan baik,” tutup Irto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya