BPS: TDL Belum Naik, Inflasi Juni Nyaris 1%

Kantor BPS
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi Juni 2010 tercatat 0,97 persen, cukup tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Ini belum ada shock karena kebijakan pemerintah," kata Kepala BPS Rusman Heriawan di kantornya Jakarta, Kamis 1 Juli 2010.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Padahal, pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik yang berlaku mulai 1 Juli ini.
 
Menutur Rusman, inflasi Januari-Juni tahun ini tercatat sebesar 2,42 persen, sedangkan inflasi dari tahun ke tahun (yoy) mencapai 5,05 persen. "Kalau inflasi inti Juni 2010 adalah 0,34 persen, sedangkan yoy 3,97 persen," tuturnya.
 
Dia mengakui, di bulan Juni tahun ini tidak ada yang deflasi. Tertinggi di bahan makanan, inflasi 3,2 persen makanan jadi, rokok dan tembakau 0,41 persen, perumahan, air, listrik, gas 0,23 persen. Makanan menjadi penyumbang inflasi terbesar. "Bahkan, harga cabe merah selama Juni naik sampai 45 persen."

Sedangkan sandang yang biasanya paling jinak, kata Rusman, di sini tercatat 0,93 persen. Kemudian kesehatan bagus yaitu 0,06 persen, olahraga dan rekreasi juga 0,06 persen, serta transportasi 0,15 persen. (hs)

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024