Sri Mulyani Proyeksi Penerimaan Negara dari Kepabeanan dan Cukai Alami Kontraksi 5,6 Persen di 2023

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan, realisasi penerimaan negara dari kepabeanan dan cukai hingga akhir tahun 2023 akan mengalami kontraksi sebesar 5,6 persen. Dalam hal ini, negara hanya akan mengantongi Rp 300,1 triliun, dari target yang sebesar Rp 303,2 triliun.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan materi paparan Meteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, kepabeanan dan cukai pada 2023 diperkirakan hanya sebesar 99,0 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Outlook penerimaan kepabeanan dan cukai hanya mencapai Rp 300,1 triliun atau 99 persen dari target atau kontraksi 5,6 persen,” kata Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Banggar DPR, Senayan, Senin, 10 Juli 20223.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Dipengaruhi Penurunan Harga Produksi Hasil Tembakau, Harga CPO, hingga Hilirisasi

Panen tembakau petani Indonesia. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

Menurutnya, outlook penerimaan kepabeanan dan cukai diperkirakan tidak akan mencapai target karena dipengaruhi oleh adanya dampak penurunan harga produksi hasil tembakau. Kemudian turunnya harga komoditas utama ekspor seperti Crude Palm Oil (CPO), serta turunnya tarif bea keluar produk mineral karena adanya progres hilirisasi.

Sementara itu, hingga semester I-2023, realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai mengalami kontraksi sebesar 18,8 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Adapun hingga semester I-2023, realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai sebesar Rp 135,4 triliun atau mencapai 44,7 persen dari target dalam APBN 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya