Harga Bawang Putih di Gianyar Naik Capai Rp 55 Ribu per Kilogram

Pedagang menunjukkan bawang putih yang harganya tinggi hingga Rp 55 ribu per kilogram di salah satu pasar di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa, 11 Juli 2023.
Sumber :
  • Antara

Bali – Harga bawang putih di beberapa pasar Kabupaten Gianyar, Bali naik. Kini, harganya mencapai hingga Rp 55 ribu per kilogram atau meningkat dibandingkan harga normal kisaran Rp 30 ribu per kilogram.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Menurut pedagang, peningkatan hari ini mulai terjadi sejak akhir Juni 2023. Penyebabnya, karena stok yang mulai menipis.

“Harganya masih tinggi karena barangnya mulai menipis,” kata pedagang kebutuhan pokok Sudiarsana di Pasar Batubulan, Gianyar, Bali, Selasa, 11 Juli 2023.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Pasokan Terbatas karena Cuaca Buruk

Ilustrasi cuaca buruk

Photo :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Ia memperkirakan keterbatasan pasokan karena cuaca buruk berupa hujan berkelanjutan yang melanda wilayah Bali sejak memasuki awal Juli 2023.

Meski harga masih tinggi, tapi ia menambahkan harga saat ini mulai mengalami penurunan karena cuaca yang diperkirakan membaik. “Sebelumnya itu bawang putih Rp 60 ribu per kilogram,” imbuhnya.

Pedagang lain di pasar Ubud, Kadek Sri juga menambahkan harga per kilogram bawang putih mencapai kisaran Rp 55 ribu.

Agar lapaknya tetap tersedia bawang putih, ia menerima pasokan dalam jumlah yang tak banyak yakni hingga lima kilogram.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan harga oleh Sistem Informasi Harga Komoditas Utama dan Pangan Stategis (Sigapura) Bali mencatat harga rata-rata bawang putih per kilogram di Bali mencapai Rp 45.055 atau naik 12,1 persen jika dibandingkan 4 Juli 2023 yang mencapai Rp 39.605 per kilogram atau naik sebesar Rp 5.450 per kilogram.

Ada pun harga tertinggi terjadi di Kabupaten Karangasem yakni rata-rata mencapai Rp 49.400 per kilogram. Apabila dirinci, harga bawang putih tertinggi terjadi di Pasar Culik Karangasem mencapai Rp 55 ribu per kilogram dan di Pasar Amlapura Timur sebesar Rp 54 ribu per kilogram.

Berdasarkan data neraca pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali pada minggu terakhir Mei dan Juni 2023, produksi bawang putih di Bali hanya di Kabupaten Tabanan mencapai sekitar 2,2 ton.

Sisanya, diperkirakan dipasok dari distribusi daerah lain di Indonesia. Ada pun rata-rata konsumsi rumah tangga bawang putih di Bali berdasarkan data neraca pangan itu pada minggu terakhir Juni 2023 mencapai 244,09 ton. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya