Viral Tarik Uang Rp 100 Ribu di ATM Keluar Rp 52 Ribu, Bank Indonesia Ngomong Gini

Tarik Uang di ATM Rp100 Ribu, yang Keluar Malah Rp52 Ribu
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – Viral di media sosial seorang warganet bernama Mastur, yang membagikan pengalamannya saat melakukan tarik tunai di ATM, di salah satu minimarket Yogyakarta. Pasalnya, saat dia melakukan tarik tunai Rp 100 ribu uang yang keluar sejumlah Rp 52 ribu, dengan pecahan Rp 50.000 dan Rp 2.000.

Penjualan Mobil Diprediksi Menurun, Dampak BI Rate

Merespons hal itu, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono meminta, kepada konsumen untuk langsung menghubungi bank terkait jika hal itu betul-betul terjadi.

"Kalau konsumen benar-benar merasa uang yang keluar tidak sesuai bisa langsung hubungi banknya untuk melaporkan," kata Erwin saat dihubungi VIVA Selasa, 11 Juli 2023.

Direktorat Kementan Kumpulkan Rp 1 Miliar Biayai SYL Kunker ke Arab Saudi Sekalian Umrah

Penghargaan dari Bank Indonesia

Photo :
  • Topremit

Kendati demikian, Erwin menuturkan, dari kejadian itu sulit untuk membuktikan apakah kesalahan ada pada mesin ATM. Sebab, dari video yang beredar itu, tidak menunjukkan uang yang keluar dari ATM.

Bank Indonesia: Modal Asing Masuk Rp 22,84 Triliun Imbas Kenaikan Suku Bunga

"Saya enggak mengatakan si pembuat video sedang menipu. Hanya saja video itu tidak membuktikan uang yang sedang keluar dari ATM," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Mastur melalui akun TikTok pribadinya @masturcatur pada Jumat, 7 Juli lalu mengatakan awalnya ia hendak mengambil uang Rp 100 ribu dengan pecahan Rp 50 ribu.

Seharusnya mesin tersebut mengeluarkan 2 lembar uang Rp 50 ribu. Namun mesin ATM malah mengeluarkan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 2 ribu. Sontak Mastur pun terkejut.

"Tarik Rp 100 ribu, malah keluar Rp 52 ribu,” ujar Mastur seperti dilihat Senin 10 Juli 2023.

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tampak dalam video tersebut, Mastur memperlihatkan keanehan ini kepada sejumlah orang yang sedang antre di belakangnya. Beberapa orang yang menyaksikan pun dibuat kaget dan heran, pasalnya hal demikian jarang sekali terjadi.

Sejak artikel ini dibuat, video tersebut telah viral dan ditonton lebih dari 92 ribu, mendapatkan 1.266 like dan 151 komentar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya