OJK Bakal Investigasi Kasus Viral Tarik Uang Rp 50 Ribu di ATM, yang Keluar Pecahan Rp 2 Ribu

Tarik Uang di ATM Rp100 Ribu, yang Keluar Malah Rp52 Ribu
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae menanggapi kasus viral tarik tunai di ATM tak sesuai nominalnya. Ia menegaskan, akan menugaskan pengawas untuk mengklarifikasi pihak bank yang memiliki mesin ATM tersebut. 

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Kasus yang viral itu terjadi kepada seorang warganet bernama Mastur yang mengaku rugi karena mendapatkan uang yang tak sesuai saat tarik tunai di ATM pada salah satu minimarket di Yogyakarta. Saat melakukan tarik tunai uang Rp 100 ribu, uang yang keluar dari mesin ATM hanya Rp 52 ribu dengan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 2 ribu. Memang, desain pecahan Rp 2 ribu dan Rp 50 ribu sering dianggap mirip, meskipun ukuran dan warnanya berbeda.

"Saya akan minta pengawas untuk klarifikasi ke banknya," kata Dian saat dihubungi Viva Bisnis, Kamis, 13 Juli 2023.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Mantan Kepala PPATK itu juga mengatakan, pengawas akan melakukan investigasi demi mengurai kronologi kejadian yang dialami nasabah bernama Mastur tersebut. Upaya yang dilakukan antara lain membuka rekaman CCTV yang terpasang di sekitar mesin ATM tersebut, guna mencari tahu kebenaran dari apa yang diadukan Mastur dan viral di media sosialnya.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Sampai saat ini, Dian melanjutkan, pihak OJK belum bisa menyimpulkan siapa pihak yang bersalah dengan adanya kejadian tersebut, sebelum tim pengawas selesai melakukan investigasi terkait masalah ini.

"Biasanya ada rekaman CCTV yang akan membuktikan suatu kejadian di area ATM. Kita belum bisa menyimpulkan kesalahan ada di mana," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya seorang warganet bernama Mastur, melalui akun TikTok pribadinya @masturcatur, pada Jumat, 7 Juli 2023 mengatakan bahwa awalnya ia hendak mengambil uang Rp 100 ribu dengan pecahan Rp 50 ribu. Seharusnya, mesin ATM tersebut mengeluarkan 2 lembar uang pecahan Rp 50 ribu. Namun, mesin ATM malah mengeluarkan pecahan Rp 50 ribu dan Rp 2 ribu, dan membuat Mastur terkejut hingga mengunggahnya ke media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya