BTN Bidik Pembiayaan Perumahan Warga Muhammadiyah Rp 500 Miliar

Kerja sama Muhammadiyah dan BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melalui BTN Syariah, menandatangani kerja sama tentang pelaksanaan penyaluran pembiayaan perumahan melalui Program Tabungan Rumah Tapera bagi peserta pekerja mandiri Muhammadiyah. Dalam hal ini pihaknya membidik potensi pembiayaan dari kerja sama senilai Rp 500 miliar.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Direktur Utama Bank BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, itu dilakukan sebagai langkah BTN dalam menapaki semester II-2923.

"Kami berharap dengan kerjasama yang baik ini warga Muhammadiyah makin mudah memiliki rumah dengan akses pembiayaan yang mudah, murah dan terjangkau cicilannya, dengan program pembiayaan pemilikan rumah. Dengan dukungan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau KPR Sejahtera yang diterbitkan oleh bank dengan skema akad syariah sesuai dengan ketentuan perbankan syariah dari BTN Syariah," kata Nixon dalam keterangan Selasa, 25 Juli 2023.

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Dirut BTN Nixon LP Napitupulu.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Nixon menuturkan, pembiayaan tersebut mengakomodasi warga Muhammadiyah termasuk peserta pekerja mandiri Muhammadiyah yang belum memiliki rumah melalui skema saving Plan. Menurutnya, nasabah cukup menabung sebesar angsuran dan iuran Tapera selama 3 bulan sebagai syarat untuk dapat mengakses program pembiayaan yang dimaksud.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Jika lolos verifikasi kata dia, nasabah dapat melanjutkan Akad KPR Sejahtera dengan uang muka sebesar 1 persen, angsuran tetap dengan margin sebesar 5 persen, dan jangka waktu hingga 20 Tahun.

Untuk syarat pengajuan jelasnya, antara lain seluruh warga Muhammadiyah yang belum pernah memiliki rumah dan memiliki penghasilan maksimal Rp 7 juta (belum menikah) dan Rp 8 Juta (menikah).

"Pada hari ini kami mengundang nasabah kami untuk melaksanakan akad secara on-site pada acara Penandatanganan PKS ini sebanyak 30 nasabah dan akad secara on-line melalui zoom sebanyak 373 nasabah. Diharapkan kerja sama ini pada Tahun 2023 BTN Syariah dapat menyerap 2.000 unit rumah bagi Warga Muhammadiyah," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya