Unggah Kebersamaan Dengan Pak Bas, Sri Mulyani Beberkan Ratusan Proyek Garapan Menteri PUPR Itu

Menkeu Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta  – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @smindrawati, menceritakan sosok Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, atau yang kerap disapa Pak Bas. Sri Mulyani menyebut, Pak Bas memiliki senyum khas.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Dalam unggahan itu, Sri Mulyani juga memaparkan perihal Kementerian PUPR yang dipimpin Basuki, sebagai kementerian dengan belanja APBN terbesar.

Dengan tanggung jawab merampungkan berbagai pekerjaan infrastruktur di ratusan proyek strategis nasional (PSN), Kementerian PUPR diakui Sri Mulyani harus mampu mengemban amanah yang sangat besar dalam pemanfaatan APBN tersebut.

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Global Tahun Ini Stagnan pada Level yang Rendah

"Kementerian PUPR adalah Kementerian dengan belanja APBN terbesar…! Nomer satu..!" kata Sri Mulyani di akun Instagram @smindrawati, Sabtu, 29 Juli 2023.

"Tanggung jawabnya sangat besar. Ada 125 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang meliputi seluruh kepentingan rakyat dan perekonomian," ujarnya.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menkeu pun menjelaskan sejumlah pekerjaan rumah Kementerian PUPR, seperti misalnya 51 Jalan tol dan jembatan, 56 bendungan dan irigasi, 13 proyek air minum dan sanitasi, dan 2 perumahan.

"Tanggul laut pesisir Jakarta, Kawasan Industri Terpadu Batang, Universitas Islam International Indonesia. 87 PSN sudah selesai dibangun," kata Menkeu.

Selain PSN, Sri Mulyani mengatakan masih banyak lagi berbagai program yang digarap di bawah komando Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Misalnya yakni seperti rehabilitasi jalan, rehabilitasi kawasan kumuh perkotaan, dan pembangunan kembali daerah bencana.

Lalu ada pula pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), pembangunan sekolah, stadion sepak bola, serta berbagai proyek yang dibutuhkan masyarakat dan perekonomian.

"Tugasnya banyaaaaaak dan pentiiiiing sekali ya. APBN #uangkita untuk membangun Negeri. Sehat dan semangat selalu Pak Bas dan seluruh jajaran @kemenpupr Kementerian PUPR. Terus membangun negeri dengan APBN #uangkita," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya