Masyarakat Jangan Khawatir, Bulog Pastikan Ini saat Impor Daging Kerbau India

Daging beku operasi pasar Bulog.
Sumber :
  • M Iqbal / VIVA.co.id

Jakarta – Perum Bulog meminta, masyarakat tidak khawatir untuk mengkonsumsi daging kerbau yang berasal dari India. Sebab, Bulog memastikan bahwa daging itu sudah tersertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan telah memenuhi syarat Pemerintah.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Seperti diketahui, India merupakan negara keempat di dunia yang melakukan ekspor daging kerbau terbesar ke beberapa negara Asia dan Afrika. Seperti, Hongkong, Mesir, Malaysia, dan Indonesia.

"Masyarakat tidak perlu khawatir lagi saat mengonsumsi daging kerbau dari India. Apalagi saat ini, daging kerbau impor dari India sudah melalui sertifikasi halal dari MUI, termasuk dalam hal pakan ternak dan proses penyembelihan kerbau," kata Kadiv Marketing Perum BULOG, Subali Agung Gunawan dalam Bulog Trade Forum dikutip, Senin, 31 Juli 2023.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Impor daging Bulog.

Photo :
  • Shintaloka Pradita Sicca/VIVA.co.id
Bulog menyatakan, sebelum melakukan penyembelihan hewan di India, Bulog menugaskan tim khusus di pabrik India untuk memastikan daging kerbau tersebut layak dikirim ke Indonesia.
Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Bulog secara rutin melakukan uji laboratorium, termasuk uji PMK untuk meyakinkan bahwa daging frozen dari India memenuhi persyaratan kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah," ujarnya.

Agung juga menjelaskan, untuk semua daging kerbau yang diimpor ke Indonesia akan disimpan ke dalam mesin Air Blast Freezing (ABF), dengan minus 40-60 derajat Celcius.

"Mesin pendingin itu bermanfaat untuk menjaga kualitas daging serta menjaga agar kadar gizinya tidak rusak," jelas dia.

Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024