KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan Kuartal II-2023 Terus Terjaga

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia.

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan, stabilitas sistem keuangan Indonesia pada kuartal II-2023 masih terjaga dengan baik. Kondisi tersebut berdasarkan hasil pertemuan KSSK.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua KSSK sekaligus Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers, usai melakukan pertemuan bersama anggota KSSK yaitu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua OJK Mahendra Siregar, dan Ketua LPS Purbaya Yudhi Sadewa.

"Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) kuartal II-2023 terus terjaga di tengah dinamika perekonomian dan pasar keuangan global," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor OJK, Jakarta, Selasa, 1 Juli 2023.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

Konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Sri Mulyani mengatakan, perkembangan itu seiring dengan kondisi perekonomian dan sistem keuangan domestik yang resilien serta didukung koordinasi KSSK yang terus diperkuat.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Ditegaskannya, komite stabilitas sistem keuangan berkomitmen untuk melanjutkan penguatan koordinasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan risiko global ke depan.

"Termasuk rambatannya pada perekonomian dan sektor keuangan domestik," jelasnya.

Dia menuturkan, ketidakpastian ekonomi global juga masih akan tetap tinggi. Dalam hal ini International Monetary Fund (IMF) kembali merevisi proyeksi pertumbuhan global menjadi 3,0 persen year on year (yoy) pada 2023.

"Sedikit lebih baik dari proyeksi April 2023 2,8 persen yoy. Pertumbuhan Amerika Serikat dan beberapa negara maju di Eropa diperkirakan lebih baik dari proyeksi sebelumnya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya