Rakyat Kritik Kepercayaan Internasional ke RI Gak Bisa Dimakan, Ini Kata Jokowi

Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2023
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo menjawab soal kritikan masyarakat atas tingginya international trust atau kepercayaan internasional kepada Indonesia.

Mulanya Presiden Jokowi mengatakan bahwa lembaga think tank Australia, Lowy Institute, menyebut Indonesia sebagai middle power in Asia dengan pengaruh diplomatik yang terus meningkat tajam. Di mana Indonesia termasuk satu dari enam negara Asia yang mengalami kenaikan comprehensive power.

"Kemudian ada yang bilang memang kenapa dengan international trust yang tinggi? Rakyat-kan makannya nasi, international trust enggak bisa dimakan. Ya memang enggak bisa," kata Jokowi pada Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Presiden RI di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

SIDANG TAHUNAN MPR RI, SIDANG BERSAMA DPR RI - DPD RI

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden


"Sama seperti jalan tol enggak bisa dimakan ya memang. Nah ini, ini contoh menghabiskan energi untuk hal tidak produktif itu, ya begini," tegasnya.

Meski mendapat banyak kritikan dan sorotan masyarakat. Dia mengatakan bahwa dirinya menerima dengan senang hati. Sebab kritikan itu memang harus ada.

"Tapi enggak apa saya malah senang. Memang harus ada yang begini-begini, supaya lebih berwarna, supaya tidak monoton," jelasnya.

Jokowi menjelaskan, tingginya kepercayaan internasional kepada Indonesia menunjukkan bahwa kredibilitas RI sudah diakui dunia.

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

"Kedaulatan kita akan lebih dihormati. Suara Indonesia akan lebih didengar sehingga memudahkan kita dalam bernegosiasi," terangnya.

Peluang tersebut tegasnya, harus mampu dimanfaatkan. Sebab jika tidak, RI akan mengalami kerugian yang besar. "Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan. Rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini karena tidak semua negara memilikinya dan belum tentu kita akan kembali memilikinya," ujarnya.

Jokowi Minta Relokasi Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Dipercepat

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pameran kendaraan listrik Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) Electric Vehicle Show 2024.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024