Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

Palapa Ring.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

Jakarta - Badan Usaha Pelaksana dari Proyek Palapa Ring Timur, yakni PT Palapa Timur Telematika (PTT), berkontribusi kepada para anak negeri khususnya di Papua. Hal itu dilakukan dengan memberikan pelatihan fiber optic, kepada pelajar sekolah hingga Universitas di wilayah Jayapura.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Kegiatan yang didukung langsung oleh Dinas Pendidikan Kota Jayapura dan Dinas Komunikasi dan Informatika wilayah Kota Jayapura ini, berhasil digelar di 3 lokasi. Yakni di Universitas Cenderawasih, SMKN 3, dan SMAN 2 Jayapura, dan diikuti secara langsung oleh siswa/mahasiswa serta tenaga didik dan pengajar. 

Operation Support PTT, Widodo menjelaskan, pelatihan yang dilakukan dari tanggal 25-28 Juli 2023 ini tidak hanya berupa materi mengenai fiber optic semata.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

"Tapi juga pengenalan mengenai teknologi fiber optic submarine, radio microwave, dan power system," kata Widodo dalam keterangannya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Ilustrasi galian kabel telekomunikasi.

Photo :
  • VIVAnews/Tri Saputro
Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Menurut Widodo, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang teknologi telekomunikasi, di kalangan para siswa dan mahasiswa di wilayah Jayapura.

Kegiatan praktek penyambungan fiber optik menggunakan splicer, lalu penggunaan alat Optical Power Meter dan juga praktek alat Optical Time Domain Reflector ini, diyakini akan menambah pengalaman dan pengetahuan pelajar tentang telekomunikasi.

"Pengenalan ini juga bisa menjadi penentu, apakah nantinya setelah lulus mereka memiliki minat dibidang yang sama," ujar Widodo.

Dalam sesi pelatihan ini, PTT juga mengedukasi mengenai Proyek Palapa Ring Timur, agar mereka mengetahui dan memahami pembangunan yang telah dilakukan pemerintah untuk mendukung kemajuan telekomunikasi di wilayah Papua.

Pelatihan ini juga menjadi salah satu tindak lanjut komitmen kerja sama antara PT Palapa Timur Telematika dan 3 Sekolah/Universitas tersebut, dengan pembukaan program Pelatihan Kerja Lapang atau magang.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menemukan bibit-bibit muda, yang nantinya dapat mengembangkan daerahnya khususnya dalam bidang telekomunikasi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya