BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2023 Bakal Sedikit Melambat tapi Tetap Tinggi

Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal III-2023 akan ada di kisaran 5,15 persen hingga 5,11 persen. Pertumbuhan itu sedikit melambat dibandingkan kuartal II-2023 yang tumbuh 5,17 persen.

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Sri Mulyani Pastikan Kesejahteraan Rakyat Terjaga

"Pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023 5,17 persen. Kuartal III kurang lebih 5,15-5,11 persen. Tinggi loh itu," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Ia mengatakan, ekonomi RI termasuk salah satu yang baik dibandingkan negara emerging market lainnya. Sementara itu, inflasi RI pada Juli 2023 juga tercatat 3,08 persen atau lebih rendah dari Amerika Serikat (AS) yang sebesar 3,2 persen. Ini menurutnya, merupakan capaian yang bagus.

Forum Bank Sentral Asia Timur, BI Pamer Ekonomi RI Kuat di Tengah Ketidakpastian

“Jadi gini kalau kita lihat ekonomi kita itu Alhamdulillah itu bagus, termasuk terbaik di antara emerging market dan dunia. Inflasi kita 3,08 persen rendah loh bahkan lebih rendah dari AS dan cepat turunnya,” katanya.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bersama jajaran Deputi Gubernur.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Di Pertemuan IsDB, Gubernur BI Ungkap RI Penerbit Green Sukuk Terbesar di Dunia

Perry menegaskan, pertumbuhan ekonomi RI itu relatif tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan China pada tahun depan. Di mana ekonomi China tahun 2024 diperkirakan sebesar 4,6 persen-4,7 persen, sedangkan Indonesia pada 2024 diperkirakan sebesar 4,7-5,5 persen.

"Pertumbuhan kita relatif tinggi, bahkan lebih tinggi dari China. Untuk tahun ini maupun tahun depan China itu kan tahun depan 4,6-4,7 persen," ujarnya.

Perry melanjutkan, sepanjang tahun 2023 ekonomi Indonesia diperkirakan akan tetap berada di kisaran proyeksi yang sebesar 4,5-5,3 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya