Pospay Gold Bantu Masyarakat Lakukan Perdagangan Fisik Emas Secara Digital

Ilustrasi Emas Batangan.
Sumber :
  • Foto ANTARA

Jakarta – Indonesia menjadi salah satu negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, dengan 86,7 persen atau 237 juta jiwa umat muslim dan jumlah institusi keuangan syariah terbanyak di dunia. Hal ini menjadikan Ekonomi Syariah merupakan sebuah keuntungan komparatif yang dimiliki Indonesia.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengatakan, saat ini perkembangan ekonomi syariah tumbuh sangat cepat, sehingga perlu diiringi dengan peningkatan literasi untuk memperkuat pengetahuan masyarakat terhadap ekonomi syariah.

Guna menangkap peluang tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) dengan Bursa Komoditi (perdagangan emas digital) pun bersinergi, dalam rangka penguatan pengembangan ekosistem digital ekonomi syariah melalui Pospay Gold.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

"Pospay Gold memberi manfaat bagi masyarakat untuk melakukan perdagangan fisik emas secara digital dalam bursa fisik komoditi, melalui platform JFXGOLD X, Bursa Berjangka Jakarta untuk melidungi nilai (heading), referensi harga (price discovery), serta alternatif transaksi fisik emas masyarakat yang dapat dimulai dari lot kecil senilai 0.01 gram, sehingga dapat membangun ekosistem secara masif," kata Ma'ruf seperti dikutip, Kamis, 24 Agustus 2023.

Hal itu diutarakan Wapres Ma'ruf dalam seminar Ekonomi Syariah dengan tema 'Penguatan Pengembangan Ekosistem Digital Ekonomi Syariah', yang diselenggarakan di Pos Bloc, Jakarta.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Wakil Presiden KH Maruf Amin

Photo :
  • http://www.wapresri.go.id

Pospay Gold yang telah resmi dirilis merupakan fitur andalan pada Pospay Super App. Super App tersebut merupakan platform transaksi fisik emas secara digital di dalam bursa JFXGOLD X, yang merupakan pertama di Indonesia. JFXGOLD X dan Pospay Gold merupakan pencapaian teknologi perdagangan berskala dunia, yang berhasil dikembangkan oleh anak bangsa.

Transaksi fisik emas di Pospay Gold menggunakan fisik emas berstandar London Bullion Market Association dengan tingkat kemurnian 999.9, fisik emas disimpan dengan baik di gudang custodian yang teregulasi dan berada di kawasan yang diawasi Bea cukai. Fisik emas di Pospay Gold dapat ditransaksikan mulai dari 0,01 gram atau setara dengan Rp. 10.000.

Melalui seminar Ekonomi Syariah tersebut, Pos Indonesia (Persero) melakukan penguatan kepada ekosistem digital ekonomi syariah, yang secara masif dan akan menjadi indikator keberhasilan utama pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Diketahui, PT Pos Indonesia selaku Perusahaan postal service pertama di dunia, telah mengembangkan dan memiliki layanan sistem perdagangan fisik komoditi secara real time dan akses pasar langsung merilis Pospay Gold. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya