Harga Ayam di Mandailing Natal Tembus Rp 60.000, Begini Penjelasan Peternak

Pedagang daging ayam di pasar tradisional.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman.

Jakarta – Harga ayam potong tercatat tinggi mencapai Rp 60.000 per kilogram (kg) di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Hal itu diketahui dari tinjauan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Pasar Pakantan Mandailing Natal.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Lantas, bagaimana sebenarnya harga ayam saat ini?

Presiden Peternak Layer Indonesia, Ki Musbar Mesdi mengatakan, untuk saat ini harga ayam masih stabil atau tidak mengalami kenaikan harga.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

"(Harga ayam saat ini) stabil sesuai regulasi. Kalau untuk ayam jenis broiler harga fresh carcas-nya sesuai Perbadan," kata Musbar saat dihubungi VIVA, Rabu, 30 Agustus 2023.

Pedagang ayam potong melayani pembeli di pusat pasar daging (ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA/Rahmad
Mentan Sebut Harga Daging Naik Itung-itung Sedekah ke Peternak, DPR: Yang Untung Tengkulak!

Adapun berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 Tahun 2022, tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Jagung, Telur Ayam Ras, dan Daging Ayam Ras. Untuk harga acuan pembelian daging ayam ras di produsen ditetapkan sebesar Rp 21.000 per kilogram (kg) untuk batas bawah.

Sedangkan batas atas di Rp 23.000 per kilogram. Kemudian harga acuan penjualan di konsumen ditetapkan sebesar Rp 36.750 per kg. Musbar melanjutkan, bisa saja harga ayam di atas Rp 50.000 per kilogram. Namun, harga itu hanya untuk daging ayam afkir petelur.

"Akan tetapi kalau harganya di atas Rp 50.000/kg bisa saja terjadi, itu adalah daging ayam afkir petelur, karena rasa dagingnya seperti daging ayam kampung. Harga ayam afkir petelur itu per ekor hidupnya Rp 38-Rp 40 ribu/ekor (berat 2 kg), kalau sudah jadi fresh carcass minimal Rp 60.000/kg," jelasnya.

Edy Rahmayadi Sebut karena Distribusi Ayam Potong ke Mandailing Natal Jauh

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Photo :
  • VIVA.co.id/BS Putra

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meninjau Pasar Pakantan, Kabupaten Mandailing Natal, Selasa 29 Agustus 2023. Mantan Pangkostrad itu, terkejut dengan harga ayam potong yang cukup tinggi, di pasar tersebut.

Harga ayam potong di Pasar Pakantan sekitar Rp50.000-Rp60.000/kilogram. Harga ini lebih tinggi dua kali lipat lebih dari harga normal, sekitar Rp21.000-Rp22.000/kg.  

"Cukup tinggi, ini karena akses ke sini jauh dan tidak ada di sekitar sini yang usaha ayam potong, jadi distribusinya cukup jauh," kata Edy Rahmayadi, usai meninjau Pasar Pakantan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya