Pagu Anggaran Kemenhub 2024 Tambah Rp 400 Miliar Jadi Rp 38,47 Triliun

Menhub Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

JakartaKementerian Perhubungan mendapatkan pagu anggaran tahun 2024 sebesar Rp 38,47 triliun, atau naik Rp 400 miliar dari pagu indikatif Kemenhub tahun 2024 yang sebesar Rp 38,07 triliun.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, penambahan tersebut digunakan untuk pelayanan keperintisan laut dan udara, seperti misalnya kapal perintis dan tol laut, serta jembatan udara.

"Layanan ini sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan penting bagi saudara-saudara kita yang berada di wilayah timur Indonesia," kata Budi Karya dalam rapat dengan Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

ilustrasi pembangunan infrastruktur.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Besaran pagu anggaran Kemenhub tahun 2024 itu ditetapkan berdasarkan dengan Surat Bersama Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas, tanggal 31 Juli 2023. Menhub mengatakan, tahun 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024. Karenanya, Kemenhub harus fokus pada pencapaian dari target RPJMN tersebut. 

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

"Kita harapkan proyek-proyek pembangunan infrastruktur transportasi dapat diselesaikan. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana infrastruktur yang sudah dibangun dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat," ujarnya.

Selain fokus pada pencapaian target RPJMN, Kemenhub juga melaksanakan program sesuai dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada tahun 2024, yakni 'Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'.

"Dari terma tersebut, artinya adalah apa yang kita bangun ini tidak semata membangun konektivitas, tetapi juga membangun ekonomi, budaya, peradaban, dan juga memperhatikan isu-isu lingkungan," kata Menhub.

Beberapa program kerja yang akan dilaksanakan Kementerian Perhubungan pada Tahun 2024 berdasarkan unit kerja eselon I, di antaranya dukungan Ibu Kota Negara dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di sektor darat, laut udara, dan perkeretaapian; dukungan layanan angkutan massal perkotaan dengan skema Buy The Service di 10 Kota; layanan keperintisan angkutan darat, penyeberangan, laut, udara dan perkeretaapian termasuk tol laut dan jembatan udara; peningkatan dan pemenuhan sarana prasarana transportasi; serta pendidikan dan pelatihan vokasi sektor transportasi.

Diketahui, dari total pagu anggaran Kemenhub tahun 2023, rincian komposisi alokasi anggaran per unit kerja Eselon I di lingkungan Kemenhub sebagai berikut:

- Sekretariat Jenderal (Rp 645,57 miliar)
- Inspektorat Jenderal (Rp 111,10 miliar)
- Ditjen Perhubungan Darat (Rp 6,64 triliun)
- Ditjen Perhubungan Laut (Rp 9,49 triliun)
- Ditjen Perhubungan Udara (Rp 7,67 triliun)
- Ditjen Perkeretaapian (Rp 9,68 triliun)
- Badan Kebijakan Transportasi (Rp 192,94 miliar)
- Badan Pengembangan SDM Perhubungan (Rp 3,69 triliun)
- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (Rp 329,87 miliar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya