3 Pengusaha Muslim Paling Kaya di Dunia, Hartanya Bisa Biayai Orang Sekampung

ilustrasi uang dolar
Sumber :
  • vstory

VIVA Bisnis – Seperti diketahui, mayoritas orang terkaya di dunia berasal dari negara-negara barat, terutama Amerika Serikat. Sebagian besar dari mereka juga menganut agama non-muslim. Imej orang-orang kaya pun didominasi oleh mereka yang berasal dari Amerika Serikat. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Tapi, jangan salah, ada juga orang terkaya di dunia yang menganut agama Islam. Mereka adalah pengusaha muslim yang menjajaki berbagai lini bisnis. Kesuksesan para pebisnis itu membuat mereka masuk ke dalam deretan orang terkaya di dunia versi Forbes. 

1. Azim Premji

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ilustrasi nilai mata uang

Photo :
  • vstory

Pemilik nama Azim Premji ini adalah seorang miliuner dari India. Berkat harta kekayaannya, ia berhasil menempati peringkat ke-154 dunia. Ia adalah seorang pendiri dari perusahaan Wipro yang bergerak di bidang IT dan menjadi salah satu penyedia software terbesar di India. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Menariknya, Premji berhasil mengembangkan bisnis minyak goreng keluarganya menjadi bisnis perangkat lunak saat sang ayah berpulang. Saat ini, harta yang dikantongi Premji mencapai US$11,6 miliar atau setara Rp177,4 triliun. 

2. Shahid Khan

Ilustrasi uang

Photo :
  • Pixabay

Shahid Khan adalah satu-satunya orang terkaya di dunia yang menganut agama Islam dan berkebangsaan Amerika Serikat. Ia berhasil memiliki Flex-N-Gate, pemasok suku cadang mobil dari mantan perusahaannya di tahun 1980 silam. Perusahaan tersebut kini memiliki 69 pabrik. 

Bukan hanya itu, Khan juga memiliki Jacksonville Jaguars NFL yang telah dibeli sejak tahun 2012 dan Fulham Inggris yang dibeli tahun 2013. Saat ini, harta kekayaan yang dimilikinya mencapai US$12 miliar atau setara Rp186 triliun sehingga menduduki urutan ke-149 di dunia. 

3. Aliko Dangote

Uang dalam koper. (ilustrasi)

Photo :
  • Pixabay

Orang terkaya di benua Afrika ini bernama Aliko Dangote. Ia adalah seorang pendiri dari perusahaan Dangote Cement yang bergerak di bidang produsen semen terbesar di Afrika. Ia diketahui bisa memproduksi 48,6 juta metrik ton semen per tahun dan beroperasi di 10 negara. 

Selain semen, ia juga memproduksi pupuk di Nigeria yang telah beroperasi sejak Maret 2022. Aliko Dangote saat ini berhasil menempati urutan 145 orang terkaya di dunia dengan harta US$12,1 miliar atau sama dengan Rp185 triliun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya