Lion Parcel dan BNN Teken MoU Cegah Lalu Lintas Narkoba di Jasa Pengiriman

Jasa Pengiriman Barang Lion Parcel
Sumber :
  • Twitter Lion Air Parcel Jakarta

Jakarta – PT Lion Express atau Lion Parcel meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Chief Compliance and Network Officer Lion Parcel, Victor Ary Subekti mengatakan, pihaknya sangat mendukung kerja sama tersebut, melalui berbagai upaya dalam mendeteksi dini adanya peredaran narkoba di masyarakat. 

"Kami percaya, kolaborasi dari seluruh pihak adalah kunci memberantas peredaran narkoba, sehingga Lion Parcel sebagai perusahaan jasa ekspedisi turut mengambil bagian dalam hal ini," kata Victor dalam keterangannya, Senin, 11 September 2023.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Ilustrasi stop peredaran narkoba

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dia menambahkan, langkah ini direalisasikan Lion Parcel, dengan membantu pihak BNN dalam mendeteksi adanya peredaran narkoba melalui jasa pengiriman. Mereka berkomitmen untuk bertindak kooperatif, dengan cara segera memberikan laporan kepada BNN apabila ditemukan paket yang dicurigai sebagai barang terlarang.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Langkah ini dilanjutkan dengan memberikan ruang bagi tim BNN untuk melakukan investigasi atas laporan tersebut. Dalam prosesnya, Lion Parcel juga membantu BNN dengan memberikan data-data pengiriman yang dibutuhkan guna mendukung proses penyidikan.

"Lion Parcel selalu memberikan ruang bagi pihak BNN untuk melakukan investigasi terkait peredaran narkoba. Kami juga terbuka dengan data-data pendukung yang dapat memudahkan proses investigasi," ujar Victor.

Berhasil gagalkan Dua Pengiriman Narkoba

Dia menambahkan, salah satu bukti nyata dari komitmen ini adalah di mana Lion Parcel dan BNN berhasil menggagalkan dua pengiriman berisi narkoba, dan sudah dirilis ke publik pada akhir bulan Juli 2023 lalu. Di sisi lain, Lion Parcel juga mendukung BNN dengan memberikan data pengiriman yang dibutuhkan, untuk ditindaklanjuti. Data-data inilah yang menjadi acuan tim BNN dalam memetakan area-area tertentu yang rawan peredaran narkoba.

"Lion Parcel juga memperkuat sistem operasional untuk mencegah peredaran narkoba. Sebagai langkah preventif, tersedia alat X-ray di hub-hub Lion Parcel, untuk memastikan keamanan barang-barang sebelum diproses lebih lanjut," kata Victor.

"Dalam bekerja sama dengan para mitra agen, Lion Parcel juga mewajibkan mitra memasang CCTV guna keamanan bersama. Di sisi lain, Lion Parcel juga rutin mengadakan tes narkoba bagi seluruh karyawan, dan memastikan tim terbebas dari catatan kriminal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya