Studi Ungkap Kontribusi Traveloka ke Ekonomi RI, Tak Hanya di Industri Pariwisata

Ilustrasi layanan OTA Traveloka.
Sumber :
  • Dokumen Traveloka

Jakarta - PricewaterhouseCoopers atau PwC Indonesia melalui studinya mengungkapkan, platform Traveloka berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Sebab Traveloka, turut menstimulasi penciptaan Nilai Tambah Bruto (NTB) di Indonesia sekitar US$10 miliar pada tahun 2019-2022 atau setara 360 ribu tenaga kerja di Indonesia setiap tahunnya.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Adapun dari US$10 miliar itu, sebanyak USD$4,5 miliar di antaranya berasal dari industri pariwisata, atau setara dengan 2,70 Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor tersebut. Kontribusi ini juga berdampak positif ke sektor lain seperti pertanian dan energi.

"Studi yang dilakukan oleh PwC akan membantu kami untuk memahami dan mengukur dampak ekonomi yang diberikan oleh perusahaan dan mengidentifikasi beragam peluang untuk dapat berkontribusi lebih jauh lagi untuk industri pariwisata Indonesia dan Asia Tenggara," kata Presiden Traveloka, Caesar Indra dalam keterangannya Jumat, 22 September 2023.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Ilustrasi Fitur PayLater dari Traveloka.

Photo :

Sementara itu, Direktur PwC Indonesia, Julian Smith mengatakan studi tersebut mengungkap ripple effect yang diciptakan oleh Traveloka terhadap berbagai sektor di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

“Hasil studi ini menggambarkan hubungan simbiosis antara Traveloka dan perekonomian, serta mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam periode di mana ketahanan dan kemampuan beradaptasi menjadi hal yang sangat penting," jelasnya.

Menurutnya, Traveloka memberikan dampak nyata untuk Indonesia, khususnya pada Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN.

"Studi dampak yang diluncurkan hari ini, menunjukkan bagaimana Traveloka secara signifikan memberikan dampak positif kepada UMKM, di mana 91 persen partner yang di survei, termasuk UMKM," ujarnya.

Ilustrasi layanan PayLater Traveloka.

Photo :
  • Dok. Traveloka

Studi yang dilakukan PwC juga menunjukan kolaborasi antara Traveloka dengan seluruh mitranya, yang mana 27 persen diantaranya berlokasi di luar provinsi Jawa dan Bali.

"Ini menunjukkan pentingnya peran Traveloka di jantung ekosistem perjalanan dan pariwisata Indonesia, serta dampak langsung yang dimilikinya. Sebagai penggerak bagi mitra-mitranya di Indonesia dengan memberdayakan mereka untuk membuka akses ke khalayak baru, dan berinovasi untuk mendiversifikasi aliran pendapatan mereka," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya