Tol IKN Segmen 5A Rampung 2024, Balikpapan-IKN Cuma 30 Menit

Pembangunan IKN Nusantara
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) memastikan bahwa pekerjaan proyek di Ibu Kota Negara (IKN) masih sesuai rencana. Salah satunya adalah proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A, yang saat ini progresnya masih berjalan sesuai perencanaan awal, yaitu rampung tahun 2024.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Direktur Utama WSKT, Mursyid mengatakan, pemerintah melalui Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, mengapresiasi proyek ini karena menunjukkan kualitas dan progres yang baik.

"Mudah-mudahan proyek ini dapat menjadi contoh bagi proyek-proyek lainnya," kata Mursyid dalam keterangannya, Selasa, 26 September 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Jalan lingkar sepaku, konektivitas menuju IKN.

Photo :
  • Dok. PUPR

Dia menjelaskan, saat ini progres dari proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A, telah mencapai 53 persen. Rencananya proyek itu akan selesai pada pertengahan tahun 2024 mendatang. Sebab, Kementerian PUPR ingin pada tahun 2024 perjalanan menuju IKN sudah menggunakan jalan tol, sehingga percepatan pekerjaan perlu dilakukan.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Harapannya konektivitas Jalan Tol IKN ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit," ujar Mursyid.

Waskita Sudah Kantongi Kontrak Proyek IKN Rp 8,35 Triliun

Sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini, Waskita telah berhasil meraih kontrak proyek IKN sebesar Rp 8,35 triliun. Yakni dengan porsi WSKT sebesar Rp 5,94 triliun. Waskita mengerjakan delapan proyek antara lain, Proyek Jalan Tol IKN Segmen 5A, Proyek Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4, dan Proyek gedung Sekretariat Presiden dan fasilitas Gedung penunjang.

Lalu ada juga proyek gedung dan kawasan Kementerian Koordinator (Kemenko) Paket 3, Proyek gedung dan kawasan Kemenko Paket 4. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3, Proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan Bangunan Rusun ASN.

Sementara untuk progres pekerjaan proyek IKN, antara lain yakni pada proyek Jalan Lingkar Sepaku 4 telah mencapai 55,68 persen, Gedung Sekretariat Presiden mencapai progres 85 persen, Gedung Kemenko 3 mencapai progres 16,82 persen, Gedung Kemenko 4 mencapai progress 22,22 persen, proyek IPAL 1,2,3 mencapai progres 5,58 persen, dan proyek jalan feeder kawasan KIPP IKN 3,07 persen. Sementara itu untuk Rusun ASN baru dimulai pekerjaannya.

"Ketercapaian progres proyek yang baik karena adanya dukungan tim proyek dalam implementasi program transformasi secara konsisten. Transformasi yang dilakukan oleh tim lapangan melalui penerapan BIM dan lean construction sangat efektif pada proyek ini," kata Mursyid.

"WSKT berkomitmen untuk mewujudkan produk yang bermutu dan bisa menginspirasi semua orang sehingga karya kita dapat ditiru dan selalu dikenang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya