Holding BUMN Jasa Survei Dukung Bursa Karbon di Indonesia, Ini Perannya

Presiden Joko WIdodo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, dan jajaran pejabat lainnya dalam peluncuran Bursa Karbon di Main Hall, Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa, 26 September 2023.
Sumber :
  • Antara/HO-OJK

Jakarta – Bursa Karbon Indonesia telah resmi diluncurkan oleh Presiden Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 26 September 2023. Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey sendiri telah ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk melaksanakan program dekarbonisasi dan penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) di BUMN pada tahun 2022.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Pada Februari 2023 yang lalu, IDSurvey juga telah melakukan penandatanganan kerjasama strategis dengan BEI sebagai langkah implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK), yang turut dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Kerja sama yang dilakukan antara IDSurvey dengan BEI bertujuan untuk mengintegrasikan layanan dekarbonisasi, mempercepat pelaku usaha dalam mendapatkan keekonomian nilai karbon, sekaligus turut mendukung BEI untuk menjadi tuan rumah perdagangan karbon di negeri sendiri.

Saham Bumi Resources Meroket Usai Umumkan Rencana Kuasi Reorganisasi, Ini Penjelasan Manajemen

“IDSurvey, memberikan layanan inisiatif dekarbonisasi secara end-to-end, full suite of services, dimulai dari capability building kepada pelanggan mengenai Dekarbonisasi dan Nilai Ekonomi Karbon, pelaksanaan baselining emisi GRK, perancangan rencana aksi mitigasi, project design development dan pelaksanaan proyek inisiatif dekarbonisasi, pelaksanaan verifikasi dan validasi GRK dan juga rating serta konsultasi pengelolaan ESG,” ujar Direktur Utama IDSurvey Arisudono dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 September 2023.

Dirut IDsurvey Arisudono.

Photo :
  • Dokumentasi IDSurvey.
Ekspansi Bisnis, Bos MD Pictures Jual Saham FILM Raup Rp 1,25 Triliun

IDSurvey melalui anak perusahaan, SUCOFINDO juga menyediakan layanan Lembaga Validikasi dan Verifikasi (LVV) Informasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan telah resmi meraih akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Layanan ini diharapkan mampu mendukung NEK yang ditetapkan oleh pemerintah dan mendukung penyelenggaraan serta ekosistem bursa karbon.

IDSurvey yang bergerak dalam sektor testing, inspection dan certification (TIC) dengan beranggotakan PT BKI (Persero), PT SUCOFINDO dan PT Surveyor Indonesia yang memiliki pengalaman puluhan tahun serta tenaga ahli yang berkompeten, siap mendukung pemerintah dalam ekosistem bursa karbon sebagai one-stop-solution bursa dekarbon.

Kesiapan IDSurvey untuk memaksimalkan potensi bursa karbon Indonesia, ditunjang juga dengan adanya akreditasi yang diraih oleh anak perusahan IDSurvey di sektor bisnis hijau yaitu PT SUCOFINDO, dimana akreditasi yang diraih adalah sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) Informasi Gas Rumah Kaca (GRK) dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan ingin mengurangi dampak perubahan iklim yang saat ini terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia.

”Karena memang ancaman perubahan iklim sangat bisa kita rasakan dan sudah kita rasakan. Dan, kita tidak boleh main-main terhadap ini, kenaikan suhu bumi, kekeringan, banjir, polusi, sehingga dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk mengatasinya,” kata Presiden Jokowi. 

Menurutnya, peresmian bursa karbon ini merupakan tanda bahwa perdagangan karbon di Indonesia dimulai. Ini  merupakan kontribusi nyata di Indonesia dalam melawan krisis perubahan iklim.

"Bursa karbon adalah sistem perdagangan karbon atau carbon trading atau jual beli kredit karbon yang di mana penyelenggara bursa tersebut adalah BEI melalui indeks IDXCarbon," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya