Pemprov DKI Kucurkan Subsidi Rp 4,3 Triliun per Tahun untuk MRT dan Transjakarta

MRT Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengucurkan dana sebesar Rp 4,3 triliun per tahun untuk subsidi dua jenis transportasi umum yakni Mass Rapid Transit (MRT) dan Transjakarta

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Adapun rincian dana subsidi tersebut diberikan untuk MRT sebesar Rp800 miliar. Sedangkan untuk Transjakarta, subsidinya mencapai Rp3,5 triliun per tahun.

"MRT itu juga masih disubsidi, setahun Rp800 miliar. Begitu juga Transjakarta, mensubsidi supaya masyarakat semua ingin menggunakan transportasi itu, totalnya kurang lebih Rp3,5 triliun," ucap Heru di acara Hub SPACE 2023 yang digelar di JCC Senayan, dikutip Senin, 2 Oktober 2023.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dikatakan Heru, subsidi itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar masyarakat dapat menggunakan transportasi umum dengan nyaman. 

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Jika tidak ada subsidi, maka masyarakat harus membayar sekitar Rp 31 ribu untuk satu kali perjalanan menggunakan transportasi umum, baik MRT maupun Transjakarta.

"Jadi Rp 3.500 itu subsidi. Kalau nilai ekonomisnya bisa Rp 31 ribu. Artinya, pemerintah daerah concern bersama pemerintah pusat memberikan kenyamanan dan kemudahan terhadap transpor Jakarta," ungkapnya. 

Dengan diberikannya subsidi besar-besaran itu, Heru lantas mengajak masyarakat untuk lebih memilih menggunakan transportasi umum ke mana pun dan di mana pun. Hal ini juga sebagai langkah mengurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta.

"Mari kita sama-sama merawat dan menggunakan transportasi itu. Minimal kita mengurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta," tandas Heru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya