Perpendek Waktu Tempuh Kapal ke NTT, Kemenhub Buka Rute Trayek Hub-Spoke Tol Laut

Tol Laut.
Sumber :
  • ANTARA/Amirullah.

Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, bersama PT Pelni, PT Meratus Line dan PT Pelindo melepas pelayaran perdana trayek Hub-Spoke Tol Laut kluster Nusa Tenggara Timur di Terminal Berlian Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Muh Anto Julianto dalam keterangan, Kamis, 12 Oktober 2023 mengatakan, Hub-Spoke Tol Laut lluster Nusa Tenggara Timur pada Trayek H-6 menggunakan KM. Meratus Kalabahi yang dioperasikan PT Meratus Line dengan jumlah muatan sebanyak 55 Teus akan dibongkar di Pelabuhan Kupang.

"Trayek Hub-Spoke Tol Laut kluster Nusa Tenggara Timur memperpendek waktu tempuh kapal sehingga dapat meningkatkan layanan distribusi barang kebutuhan pokok dan barang penting atau bapokting ke wilayah tersebut," kata Anto.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Tol Laut NTT.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Tol Laut NTT.

Photo :
KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api
Dia yang mewakili Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, mengatakan peluncuran perdana
Selanjutnya diangkut lanjut menggunakan kapal feeder KM. Kendhaga Nusantara 7 yang dioperasikan PT. Pelni untuk didistribusikan ke Rote sebanyak 12 Teus dan Sabu sebanyak 43 Teus.

Anto mengatakan untuk peningkatan layanan Tol Laut ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP), di setiap trayek secara bertahap akan diterapkan pola Hub-Spoke.

Kapal tol laut untuk distribusi logistik (ilustrasi hari pelaut sedunia).

Photo :
  • Kemenhub

Ke depan kolaborasi antara perusahaan pelayaran nasional swasta dan perusahaan pelayaran BUMN dalam pelaksanaan Tol Laut terus dipertahankan. "Agar manfaat Tol Laut dapat lebih dirasakan oleh masyarakat di daerah 3TP," ujarnya.

Di saat yang sama Anto menyampaikan terima kasih kepada PT. Pelindo yang ikut serta mendukung kelancaran pelaksanaan Tol Laut dengan memberikan diskon biaya jasa pelayanan barang di pelabuhan yang diusahakan oleh PT. Pelindo, sehingga dapat menurunkan biaya subsidi kapal Tol Laut dan berdampak pada turunnya biaya logistik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya