Luncurkan Bursa CPO, Mendag Zulhas Ingin RI Jadi Barometer Harga Sawit Dunia

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi meluncurkan bursa crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah Indonesia, Jumat, 13 Oktober 2023.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Dengan peluncuran bursa CPO tersebut, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan, pengusaha sawit di Indonesia tidak lagi bergantung pada harga acuan yang ditetapkan bursa CPO Malaysia dan Rotterdam.

Zulhas mengatakan, perdagangan CPO di bursa berjangka ini bersifat sukarela. Ia ingin, pemerintah mulai membiasakan diri untuk mengatur saja. 

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

"Kita mesti biasakan pemerintah itu mengatur saja, jangan dikit-dikit mewajibkan. Tapi kita berharap karena kata kuncinya kan kerja sama, kolaborasi, untuk kepentingan saudara," ujarnya. 

Pemerintah Indonesia resmi luncurkan bursa CPO

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Lebih lanjut, dengan adanya peluncuran bursa CPO ini, Zulhas berharap agar Indonesia nantinya bisa menjadi acuan harga komoditi bagi negara-negara lain. Mengingat, Indonesia merupakan produsen nomor satu minyak sawit mentah.

"Nah kita berharap dengan adanya bursa ini nanti maka barometer harga CPO dunia itu ada di kita (Indonesia), wong kita nomor 1, ikut orang, masa kita enggak tersinggung, masa kita enggak malu, masa kita diam saja," kata Zulhas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya