United Tractors Gelar SOBAT Competition 2023, Dukung Generasi Muda Kompetitif

United Tractors gelar kompetisi
Sumber :
  • Ist

Jakarta – PT United Tractors Tbk (UT) kembali mengadakan SOBAT Competition 2023 sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan vokasi dan membentuk generasi muda yang berkompeten dan siap berkontribusi dalam industri

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

SOBAT Competition 2023 kali ini memfokuskan pada tema “Inovasi Teknologi Tepat Guna untuk Menciptakan Generasi Berdaya Saing untuk Pendidikan Vokasi yang Berkelanjutan”. 

United Tractors gelar kompetisi

Photo :
  • Ist
Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi ini meliputi siswa/siswi SMA/SMK/Sederajat serta mahasiswa dari Politeknik dan Universitas.

Alasan UT menyelenggarakan SOBAT Competition 2023 adalah karena kurangnya inovasi di Program Studi Teknik Alat Berat (TAB). 

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Melalui kompetisi ini, UT berharap dapat memacu semangat generasi muda dalam mengembangkan inovasi di bidang TAB yang bermanfaat dan kompetitif. Kriteria penilaian pada kompetisi ini fokus pada kualitas inovasi yang memiliki potensi keunggulan kompetitif.

“Melalui program SOBAT Competition 2023, UT berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan vokasi sekaligus merealisasikan Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat, yaitu pendidikan berkualitas. Di samping itu, kompetisi ini merupakan wujud implementasi dari 14 pilar program SOBAT untuk menumbuhkan, mewadahi dan mewujudkan ide-ide kreatif serta inovatif dari siswa/i maupun mahasiswa sekolah vokasi” ujar CSR Manager UT, Himawan Sutanto dalam keterangan resmi yang diterima VIVA, Selasa, 24 Oktober 2023.

United Tractors gelar kompetisi

Photo :
  • Ist

Sejak pertama kali diadakan pada 2019, SOBAT Competition selalu mendapat sambutan hangat, terlihat dari meningkatnya jumlah peserta setiap tahun. 

Pada SOBAT Competition 2023, tercatat sebanyak 2.716 peserta yang mengajukan 1.358 inovasi. Peserta kali ini berasal dari berbagai daerah: 1.071 dari Jawa, 108 dari Sumatera, 69 dari Sulawesi, 135 dari Kalimantan, dan 3 dari Papua.

Proses pengajuan inovasi diatur dalam beberapa tahap. Tahap awal melibatkan peserta untuk menulis dan mengajukan abstrak inovasi. 

Kemudian, mereka diminta untuk menyusun makalah lengkap dan desain prototipe berdasarkan abstrak yang diajukan. Pada tahap akhir, peserta yang terpilih dan memenuhi kriteria akan menerima dana bantuan untuk realisasi prototipe sesuai desain yang telah diajukan. Selama proses ini, peserta akan mendapatkan pendampingan dari mentor dari tim SOBAT Competition 2023.

Dengan pelaksanaan SOBAT Competition 2023, UT berambisi untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi siswa/i sekolah vokasi dan mahasiswa/i. 

Harapannya, peserta yang terlibat akan menjadi individu yang kompetitif, tangguh, dan mampu berkontribusi bagi kemajuan Indonesia di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya