Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Harap Bisa Tingkatkan Kunjungan Turis dan Dorong Kesejahteraan

Presiden Jokowi saat akan meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, Sumatera Barat pada Rabu, 25 Oktober 2023. Menurut Kepala negara, Bandara Mentawai ini salah satu bandara yang terluar di Indonesia.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, merupakan salah satu bandara terluar di Tanah Air,” kata Jokowi dalam acara peresmian.

Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Ia menjelaskan bandara ini akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot Sipora panjangnya hanya 850 meter.

“Hanya bisa didarati oleh Pesawat Cessna yang kapasitasnya hanya 12 orang,” ujarnya.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Sekarang, Jokowi menjelaskan, sudah ada Bandara Mentawai dengan panjang run way 1.500 meter dan lebarnya 30 meter. Sehingga, kata dia, Pesawat ATR sudah bisa mendarat di Pulau Mentawai.

“Kita harapkan dengan bisa turun Pesawat ATR, turis akan semakin banyak ke Pulau Mentawai, utamanya yang seneng surfing,” jelas dia.

Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Selain itu, Jokowi berharap beroperasinya Bandara Mentawai ini dapat memudahkan mobilitas masyarakat. Kemudian, kata dia, potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi.

Tentu, Jokowi meyakini dengan semakin terbukanya akses suatu daerah konektivitas semakin baik, masyarakat akan mendapat multiplier effect yang besar dan kesempatan mengembangkan usaha baru.

“Ini kita harapkan meningkatkan kesejahteraan kita semua. Kita harapkan juga wisata surfing akan semakin berkembang. Mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing juga bisa langsung mendarat, baik di Padang maupun Pulau Mentawai,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya