Rupiah Melemah Pagi Ini, Harga Minyak Mentah Global Jadi Sorotan

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis pagi, 26 Oktober 2023. Rupiah melemah sebesar 37 poin atau 0,23 persen ke posisi Rp 15.907 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.870 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.871 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah akan ditutup melemah pada hari ini. Salah satunya, karena kondisi ekonomi global yang tak menentu, dan mengakibatkan harga minyak mentah terus merangkak naik.

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Ini akan berpengaruh terhadap kondisi dalam negeri yang sampai saat ini masih ketergantungan minyak mentah dari negara lain. Akibat dari naiknya harga minyak karena dolar menguat, menjadikan bahan impor terus merangkak naik apalagi dibarengi dengan musim kemarau yang cukup panjang membuat konsumsi. masyarakat mengalami penurunan," kata Ibrahim dalam risetnya Kamis, 26 Oktober 2023.

ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Ibrahim menuturkan, guna membantu meningkatkan konsumsi masyarakat, Pemerintah telah menyiapkan sejumlah paket kebijakan ekonomi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Hal itu berupa berbagai insentif yang akan di gelontorkan antara lain insentif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk properti, bantuan beras hingga bantuan langsung tunai (BLT).

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

Kemudian, Pemerintah juga akan Kembali memberikan insentif berupa  bantuan beras  kembali diberikan pada bulan Desember 2023 sebesar 10 kilogram per KPM. Bantuan ini diberikan kepada 20 juta KPM yang telah terdaftar. Sementara itu, sektor manufaktur tidak mendapat insentif lantaran dinilai masih dalam kategori baik dan ekspansif untuk Purchasing Manager's Index (PMI).

"Mata uang rupiah fluktuatif. Namun, ditutup melemah direntang Rp 15.850-Rp 15.930," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya