Mie Ongklok Instan Mas Desta asal Wonosobo Sedot Omzet Ratusan Juta per Bulan

Mie Ongklok Instan Mas Desta
Sumber :
  • Dok. Desta

Wonosobo - Mie Ongklok merupakan makanan legendaris khas Wonosobo, Jawa Tengah. Menurut sejarahnya mie ongklok merupakan alkulturasi kuliner Tionghoa di Jawa.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Mie ongklok adalah mie dengan sayuran, mie berbentuk pipih dan kecil dengan kuah kental berwarna coklat atau kuah pasta dengan cita rasa udang yang gurih dan manis dengan aroma dan rasa yang khas. Cara menikmatinya dipadu dengan sate atau makanan khas Wonosobo yaitu tempe kemul.

Desta Hatmoko Adi, pemilik usaha kuliner Mie Ongklok Mas Desta di Wonosobo mengembangkan mie ongklok untuk memenuhi kebutuhan konsumen di luar Wonosobo dengan menciptakan inovasi baru berupa mie ongklok instan dengan varian rasa, yakni original, lombok ijo, super pedas, black paper, keju, pedas manis (hot sweety).

Heboh Bahan Baku Langka Ancam Produksi Mie Instan, Produsen Indomie Buka Suara

Mie Ongklok Instant Mas Desta

Photo :
  • Dok. Desta

"Banyak orang yang pengen mencoba mie ongklok tapi belum sempat ke Wonosobo. Setelah hadir mie ongklok instan dia bisa mencicipi kuliner mie ongklok instan ini ga harus datang ke Wonosobo," kata Desta saat dikonfirmasi, Minggu, 29 Oktober 2023.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Menurutnya, memilih usaha kuliner mie ongklok yang digelutinya sejak 2015,  mie ongklok adalah aset daerah yang perlu dikembangkan dan dunia perlu tahu tentang makanan khas Wonosobo itu.

"Makanya tag line mie ongklok instan Mas Desta itu adalah Kuliner Lokal Go Internasional. Dan intinya sambil kita sebagai duta untuk memberitahukan kepada dunia bahwa di Wonosobo ada kuliner istimewa dan perlu di coba," jelasnya.

Selain itu, memilih usaha mie ongklok karena setelah dilakukan riset, kata Desta, mie ongklok masuk ke dalam kategori pasta.

Mie Ongklok Instant Mas Desta

Photo :
  • Dok. Desta

"Kan unik ya. Pasta itu biasanya identik dengan Itali. Dengan saus pasta. Tapi mie ongklok ini identik dengan pasta dengan taste gurih manis, ada gula jawanya. Jadi unik. Kayak pasta Jawa. Ini menarik sekali," ucapnya

Dengan memberdayakan 15 karyawan produksi, Desta mampu memasarkan produk mie ongklok instant hingga keluar Wonosobo dengan meraup omzet 150 hingga 200 juta per bulan.

Tak hanya sampai di situ, atas kegigihannya melestarikan kuliner khas Wonosobo yang melegendaris itu, Desta juga mendapatkan anugerah Satu Indonesia Award 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya