Menhub Optimis LRT Jakarta Velodrome Rawamangun-Manggarai Beroperasi 2026

LRT Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut hadir dalam Groundbreaking pembangunan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome Rawamangun - Manggarai. Transportasi publik ini ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2026 mendatang.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Dia meyakini, dalam masa jabatan yang singkat, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, akan menggenjot realisasi pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome Rawamangun - Manggarai tersebut .

"Saya yakin Pak Pj. Gubernur DKI tidak akan menyia-nyiakan setahun jabatannya, untuk menyelesaikan satu tahap pembangunan LRT Jakarta," kata Budi Karya di Stasiun Velodrome, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menhub Budi Karya Sumadi

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Menurut Menhub, apabila pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome Rawamangun - Manggarai ini tidak segera direalisasi secara bertahap mulai saat ini, maka proses pembangunannya justru bisa semakin molor ke depannya.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

"Kalau tidak diselesaikan bertahap, sampai belasan tahun pun tidak akan dimulai-mulai pembangunannya," ujar Menhub.

Dengan dilanjutkannya pembangunan LRT Jakarta Fase 1B tersebut, Menhub pun berharap bahwa transportasi massal di Jakarta dan sekitarnya akan semakin terintegrasi. Sehingga hal itu juga bisa makin meningkatkan minat masyarakat, untuk menggunakan transportasi massal ketimbang kendaraan pribadi.

"Dengan semakin panjangnya rute LRT Jakarta, diharapkan penumpangnya semakin banyak. Dengan begitu dapat mengurangi kemacetan, mengurangi kerugian secara finansial, dan lingkungan menjadi lebih baik," ujarnya.

Sebagai informasi, LRT Jakarta Fase 1B memiliki rentang jalur sepanjang 6,4 Km, yang memiliki 5 stasiun. Yakni Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Sementara itu, LRT Fase 1A yang sudah beroperasi memiliki 6 stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, serta Stasiun Velodrome. Sehingga, nantinya total panjang jalur dari Stasiun Pegangsaan Dua (Kelapa Gading) sampai ke Stasiun Manggarai, yaitu sepanjang 12,2 Km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 26 menit.

Ditargetkan, pembangunan jalur LRT dari Velodrome sampai Pramuka selesai pada September 2024. Sedangkan sampai ke Manggarai ditargetkan akan mulai beroperasi pada tahun 2026 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya