Superblok Mal hingga Hotel Pertama di IKN Mulai Dibangun, Milik Raja Properti Alexander Tedja

Jokowi groundbreaking mal hotel dan apartemen di IKN.
Sumber :
  • Antara.

Kalimantan Timur – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama untuk menandai pembangunan superblok hotel, apartemen dan pusat perbelanjaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, hari ini. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Proyek tersebut digarap PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) melalui entitas anaknya, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA). Pakuwon sendiri dimiliki oleh taipan raja properti dan mal Alexander Tedja.

"Dengan mengucapkan 'bismillahirrahmanirrahim' pada siang hari ini groundbreaking Pakuwon Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Presiden Jokowi di IKN, Rabu, 1 November 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Presiden Jokowi secara simbolis memasang modul pertama Garuda di IKN

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden pun mengapresiasi Pakuwon Nusantara yang sudah merancang bangunan untuk apartemen, hotel dan mal yang akan meramaikan sejumlah pembangunan infrastruktur dan fasilitas di IKN.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Selain superblok tersebut, hari ini Jokowi juga telah groundbreking pembangunan Bandara VVIP IKN dan rumah sakit. Kementerian PUPR juga tengah membangun jalan tol akses menuju IKN yang hanya membutuhkan waktu sekitar 45-50 menit dari Balikpapan.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol yang sudah mencapai progresnya sebesar 55 persen itu memiliki lebar 3 lajur di tiap sisi jalan.

"Jalannya, jalan tolnya sangat lebar. Berapa meter Pak? Tiga line kanan, tiga line kiri. Artinya kayak Tol Jagorawi segede itu kira-kira. Akan selesai nanti kira-kira di bulan Juni 2024," kata Jokowi.

Sementara itu, Bandara VVIP IKN yang menelan anggaran sebesar Rp4,2 triliun juga diperkirakan selesai pembangunannya dan didarati oleh pesawat pada Juni 2024.

Kepala Negara meyakini selesainya pembangunan bandara dan jalan tol akan membuat investor berbondong-bondong ke IKN. Oleh karena itu, ia meminta agar para investor dalam negeri tidak ketinggalan momentum untuk menanamkan modal.

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Photo :
  • Dok. Kemenhub.

"Kalau dua ini selesai jalan tolnya rampung, airport-nya selesai, saya yakin kalau yang terlambat memulai investasinya di Ibu Kota Nusantara, bapak ibu akan ketinggalan," kata Presiden.

Presiden menambahkan bahwa groundbreaking selanjutnya akan dilakukan untuk delapan hingga sembilan proyek di IKN yang diresmikan pada Desember.

"Bulan Desember saya diperintah untuk ke sini lagi karena akan ada groundbreaking beberapa Pak kira-kira? Delapan (sampai) sembilan lagi yang baru akan memulai, dan kita berharap ini akan terus meramaikan Ibu Kota Nusantara kita," kata Jokowi. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya