Pecah Rekor 18 Ribu Penumpang di Akhir Pekan, KA Cepat Whoosh Tambah 4 Perjalanan

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT KCIC melaporkan, bahwa jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh tembus hingga 18 ribu orang, dalam satu hari pada 4 November 2023 kemarin. Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan jumlah ini menjadi rekor tertinggi selama kereta cepat Whoosh dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023. 

Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

"Tujuan perjalanan masyarakat di akhir pekan, mayoritas untuk berlibur. Diikuti untuk urusan bisnis, bekerja, dan kepentingan lainnya," kata Dwiyana dalam keterangannya, Minggu, 5 November 2023.

Dia menyebut, animo masyarakat menggunakan kereta cepat Whoosh di akhir pekan sangat tinggi. Karenanya, mulai 1 November 2023 KCIC akan menjalankan 28 perjalanan kereta cepat Whoosh reguler, ditambah 4 perjalanan kereta untuk akhir pekan ini. Sehingga totalnya menjadi 32 perjalanan.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Jumlah ini menjadi jumlah perjalanan terbanyak per hari sejak kereta cepat Whoosh dioperasikan," ujarnya.

Volume penumpang Kereta Cepat Whoosh pada Sabtu, 4 November 2023, mencapai 18.053 penumpang. Dengan tingkat okupansi mencapai 94-100 persen, jumlah tersebut meningkat 33 persen dibanding pekan sebelumnya. Yakni pada Sabtu, 28 Oktober 2023, dengan volume sebanyak 13.490 penumpang.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Dwiyana menjelaskan, peningkatan ini dikarenakan adanya penambahan jumlah perjalanan sebesar 28 persen, dari 25 perjalanan per hari menjadi 32 perjalanan per hari. Hal itu dilakukan KCIC, untuk mengakomodir masih tingginya jumlah permintaan masyarakat akan perjalanan Kereta Cepat Whoosh. 

"Tiket Kereta Cepat Whoosh yang telah dijual dan dipesan masyarakat sampai dengan keberangkatan 11 November 2023, telah mencapai 216 ribu tiket. Sementara jumlah penumpang yang telah diberangkatkan hingga 4 November 2023, yakni mencapai 170 ribu penumpang," ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh bulan November 2023, sudah dibuka secara bertahap. Yakni melalui aplikasi Whoosh kereta cepat, Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, web ticket.kcic.co.id, serta loket dan ticket vending machine di stasiun.

Untuk informasi lebih lanjut dan layanan pelanggan, masyarakat dapat menghubungi customer service KCIC di Stasiun, email ke cs@kcic.co.id, telepon ke 121, website kcic.co.id, dan sosial media KCIC di Kereta Cepat ID.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya