Harga Cabai Rawit Merah di Tangerang Tembus Rp100 Ribu per Kilogram

Harga cabai naik di pasar Tangerang
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

Tangerang -- Sejumlah harga kebutuhan pokok dan komoditas di wilayah Kota Tangerang mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil survei di beberapa pasar, kenaikan komoditas terjadi pada cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih.

Terdata untuk harga cabai rawit merah dari yang sebelumnya Rp50 ribu saat ini naik Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram. Selain itu, untuk harga bawang merah, dari yang sebelumnya Rp25 ribu saat ini Rp35 ribu per kilogramnya. Lalu, bawang putih dari yang sebelumnya Rp5 ribu saat ini naik menjadi Rp10 ribu per kilogramnya.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Harga bawang dan sayuran naik di pasar Tangerang

Photo :
  • Sherly (Tangerang)


Direktur Perumda Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyani mengatakan, kenaikan harga yang cukup signifikan ini, terjadi karena beberapa faktor.

"Beberapa penyebab kenaikan harga pangan ialah, faktor iklim dan harga pupuk mahal. Makanya mempengaruhi harga di pasaran," katanya, Selasa, 7 November 2023.

Kondisi ini juga terjadi di Kabupaten Tangerang, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang mencatat, harga cabai merah keriting semula Rp48 ribu saat ini menjadi Rp66 ribu per kilogramnya.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Harga cabai naik di pasar Tangerang

Photo :
  • Sherly (Tangerang)


Lalu, harga cabai rawit merah yang sebelumnya Rp70 ribu saat ini menjadi Rp85 ribu per kilogramnya. Kemudian, komoditi bawang merah sebelumnya Rp18 ribh kini Rp24 ribu per kilogramnya.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika mengatakan, harga-harga tersebut merupakan hasil survei pihaknya di sejumlah pasar, baik tradisional maupun modern.

"Beberapa komoditas mengalami kenaikan karena sejumlah faktor, mulai cuaca dan harga pupuk yang cukup tinggi. Sementara, untuk harga beras, kami pantau masih stabil dengan Rp13 ribu per liter untuk kualitas medium," ujarnya.

Melihat kondisi ini, pemerintah setempat pun melakukan beberapa upaya mulai dari menggelar bazar pasar murah di beberapa titik, dengan tujuan meringankan beban masyarakat.

"Kita adakan bazar pasar murah, lalu ada juga penjualan sembako murah, sebagai langkah membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka dengan harga terjangkau," ungkapnya.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik
Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024