BI Catat Keyakinan Konsumen Oktober 2023 Naik

Ilustrasi konsumen.
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Oktober 2023 meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). 

SEVA Hadir di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024

Direktur Departemen Komunikasi, Nita A. Muelgini mengatakan, untuk IKK Oktober 2023 tercatat sebesar 124,3, atau lebih tinggi dibandingkan September 2023 yang sebesar 121,7.

"Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya," kata Nita dalam keterangannya, Rabu, 8 November 2023.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Aktivitas pedagang dan konsumen di pasar tradisional sayur dan rempah-rempah. (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Nita menuturkan, meningkatnya keyakinan konsumen pada Oktober 2023 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). 

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"IKE tercatat meningkat terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja," jelasnya. 

Sementara itu, IEK juga tercatat meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, yaitu pada Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja, Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha, dan Indeks Ekspektasi Penghasilan.

Adapun secara spasial, IKK meningkat di sebagian kota yang disurvei, terbesar di Kota Pangkal Pinang (12,3 poin), diikuti Bandung (9,8 poin) dan Pontianak (9,3 poin). Sedangkan sebagian kota lainnya mencatat penurunan IKK, terdalam di Kota Banjarmasin (10,4 poin), diikuti Manado (7,3 poin) dan DKI Jakarta (6,5 poin).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya