Sah! Vale Sepakat Lepas Saham 14 Persen, MIND ID Bakal Pegang Saham Mayoritas

Menteri ESDM, Arifin Tasrif.
Sumber :
  • Antara/Desca

Jakarta PT Vale Indonesia Tbk melalui pemegang saham pengendalinya, yakni Vale Canada Ltd dan Sumitomo Metal Mining menyepakati pelepasan saham (divestasi) sebesar 14 persen.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memastikan, kebijakan soal divestasi saham Vale itu saat ini sudah diputuskan, sebagai syarat untuk memperpanjang operasi Vale di Indonesia.

"Sudah, sudah diputuskan," kata Arifin di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 10 November 2023.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

PT Vale Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Dengan telah resminya proses divestasi saham Vale tersebut, maka kepemilikan saham Vale oleh MIND ID menjadi sebesar 34 persen. Hal itu pun otomatis membuat MIND ID menjadi pemegang saham terbanyak.

United Tractors Tebar Dividen hingga Total Rp 8,2 Triliun

"Yang dilepas oleh Vale itu 14 persen lagi, grup ya. Sehingga (porsi saham) MIND ID bisa 34 persen, dan itu mayoritas di antara yang lain," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia juga telah memastikan, tidak ada kendala atau proses yang alot dalam divestasi saham Vale tersebut. Karena, lanjut Bahlil, prosesnya sendiri juga telah diatur oleh Kementerian BUMN dan holding tambang MIND ID, sehingga tak lama lagi proses divestasi akan segera rampung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya