Bekunjung ke AS, Sri Mulyani Pamer Kuatnya Kerja Sama Ekonomi Indonesia-China

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan RRT Lan Foan. Pada pertemuan itu keduanya sepakat untuk semakin memperkuat kerja sama Indonesia-China, termasuk di bidang transisi energi.

RI Dibayangi Meningkatnya Persaingan Global, Luhut: Tak Ada yang Bisa Mendikte Kita

Sri Mulyani mengatakan, hubungan Indonesia dan China terjalin cukup kuat. Sebab, berbagai proyek utama seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan hilirisasi mineral-mineral strategis.

"Kopi dari Indonesia, teh dari Tiongkok, bertemunya di San Francisco juga. Barangkali ungkapan itu sangat tepat menggambarkan kuatnya hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi antara kita dan Tiongkok," kata Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati Selasa, 14 November 2023.

Target Rampung 2025, Pupuk Kaltim Mulai Revamping Pupuk Tertuanya

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sri Mulyani bercerita, Menkeu China memiliki kedekatan dengan Indonesia. Sebab Lan yang lahir dan punya karir cukup panjang di pemerintahan Provinsi Guangdong, yang mana provinsi itu melahirkan banyak pengusaha Indonesia.

Sri Mulyani: Ekonomi Global Diperkirakan Stagnan

"Sehingga baginya, Indonesia sudah seperti kawan lama. Kami pun sepakat bahwa hubungan dan kerja sama Indonesia-Tiongkok harus semakin diperkuat, termasuk di bidang transisi energi. Mr. Lan ternyata punya banyak pengalaman di bidang ini," ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia/tangkapan layar.

Dia menjelaskan, sebelum menjadi menteri keuangan, Lan juga pernah menjadi Gubernur Shanxi. Di mana provinsi ini di desain sebagai pilot zone untuk proyek transisi energi di Tiongkok.

"Wah, ini tentu menjadi pengalaman berharga yang bisa kita pelajari. Tak sabar rasanya untuk bisa berdiskusi lebih intensif lagi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya