Jokowi Pamer RI Punya Cadangan Nikel dan Energi Hijau di Kampus Georgetown AS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kuliah umum di Georgetown University
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kuliah umum kepada ratusan Akademisi Kampus Universitas Georgetown, usai melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Pada kesempatan itu, Jokowi menjelaskan makna penting peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Menurut dia, Amerika adalah negara besar dan pengaruhnya juga sangat besar bagi negara manapun.

“Ekspor Indonesia sekarang ini ke AS juga sangat besar. Oleh sebab itu, ruang harus dibuka lebar-lebar untuk memperkuat kerja sama ini baik urusan perdagangan, urusan eknomi, urusan investasi, urusan mineral kritis, dan juga transisi energi,” kata Jokowi dikutip pada Rabu, 15 November 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Sebagai negara yang kaya akan mineral kritis dan potensi energi hijau, Jokowi menyebut Indonesia dapat menjadi partner bagi Amerika Serikat. Karena, Indonesia memiliki cadangan nikel yang terbesar di dunia, timah yang terbesar kedau di dunia, dan energi hijau Indonesia memiliki potensi 3600 MW.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kuliah umum di Georgetown University

Photo :
  • Setpres
3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Tentu, kata Jokowi, hal itu sebuah potensi yang sangat besar, yang nantinya bisa dipakai untuk memproduksi produk-produk hijau, ekonomi hijau yang bisa dikembangkan bersama-sama antara Amerika dan Indonesia.

“Artinya semua itu bisa dikembangkan dan berkontribusi bagi kebaikan Indonesia, Amerika dan juga dunia,” pungkasnya.

Desak Joe Biden

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa, 14 November 2023. Adapun, maksud kedatangan Jokowi itu untuk pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Berdasarkan keterangan yang dilansir dari situs presidenri.go.id, Presiden Jokowi tiba di Gedung Putih pada Senin, 13 November 2023 sekira jam 16.20 waktu setempat, atau Selasa, 14 November 2023, pukul 04.20 WIB.

Begitu tiba, Jokowi langsung disambut jajar kehormatan dengan pasukan yang membawa bendera dari 50 negara bagian di Amerika Serikat pas mau memasuki halaman Gedung Putih. Pas turun dari kendaraan, Jokowi langsung disambut hangat oleh Presiden Joe Biden.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih

Photo :
  • Dok Presiden Joko Widodo

Setelah itu, Jokowi diajak masuk oleh Joe Biden menuju Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Biden di Gedung Putih. Selanjutnya, kedua pimpinan negara melakukan pertemuan terbatas.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kemitraan menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

Presiden Jokowi  juga mengajak Presiden AS Joe Biden dan Amerika Serikat (AS) untuk berkontribusi meredakan agresi Israel di Gaza, Palestina, demi terwujudnya perdamaian global.

"Indonesia berharap agar kemitraan kita (Indonesia-AS) dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengajak Presiden Biden untuk berbuat lebih banyak dalam menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza. “Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” katanya.

Dikatakan Presiden Jokowi gencatan senjata adalah suatu keharusan demi memenuhi rasa kemanusiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya