Inflasi Bandar Lampung November 2023 Hampir 3 Kali Lipat Nasional, Tertinggi Se Indonesia

Kantor BPS
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

Jakarta – Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Moh. Edy Mahmud, melaporkan data sebaran inflasi bulan November 2023 menurut wilayah.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Secara umum, dari 90 kota terdapat 79 kota yang mengalami inflasi, dan 36 kota di antaranya yang mengalami inflasi yang bahkan lebih tinggi dari inflasi nasional. Sedangkan, 11 kota lainnya tercatat mengalami deflasi.

"Inflasi tertinggi di Pulau Sumatera terjadi di kota Bandar Lampung yakni sebesar 1,05 persen, dan deflasi terdalam terjadi di kota Tanjung Pandan sebesar minus 0,21 persen," kata kata Edy dalam konferensi pers, Jumat, 1 Desember 2023.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Gedung BPS / Badan Pusat Statistik

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Dia menjelaskan, inflasi tertinggi di kota Bandar Lampung sebesar 1,05 persen secara month-to-month itu, terjadi dengan sejumlah komoditas penyumbang yang juga turut mempengaruhinya.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Diantaranya yakni cabai merah dengan andil inflasi sebesar 0,57 persen, cabai rawit dengan andil inflasi sebesar 0,20 persen, bawang merah sebesar 0,07 persen, daging ayam ras sebesar 0,05 persen, tarif angkutan udara sebesar 0,03 persen, dan telur ayam ras dengan andil inflasi sebesar 0,03 persen.

"Dari 11 kota yang mengalami deflasi pada bulan November 2023, deflasi terdalam terjadi di kota Tual yaitu sebesar 0,51 persen," ujarnya.

Sementara di Pulau Jawa, inflasi tertinggi terjadi di kota Sumenep yakni sebesar 0,87 persen, dan inflasi terendah terjadi di kota Cirebon sebesar 0,16 persen.

"Di Kepulauan Bali dan Nusa Tenggara, inflasi tertinggi terjadi di kota Singaraja yakni sebesar 0,87 persen. Sementara deflasi terdalam terjadi di Kota Waingapu yakni sebesar minus 0,37 persen," kata Edy.

Sementara untuk Pulau Kalimantan, inflasi tertinggi terjadi di kota Banjarmasin yakni sebesar 0,81 persen, dan deflasi terdalam terjadi di kota Singkawang sebesar minus 0,01 persen. Di Pulau Sulawesi, inflasi tertinggi terjadi di kota Gorontalo sebesar 0,98 persen, dan deflasi terdalam terjadi di kota Mamuju sebesar minus 0,28 persen.

Inflasi kelompok pangan sangat berisiko terhadap peningkatan jumlah penduduk miskin

Photo :
  • vstory

"Sementara di kepulauan Maluku dan Papua, inflasi tertinggi terjadi di Kota Timika sebesar 0,84 persen, dan deflasi terdalam terjadi di kota Tual sebesar minus 0,51 persen," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya