Rupiah Loyo Lagi ke Level Rp 15.530 per Dolar AS, Ini Pemicunya

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 1 Desember 2023. Rupiah melemah sebesar 20 poin atau 0,13 persen ke posisi Rp 15.530 per dolar AS. 

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.484 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah akan melemah pada hari ini. Menurutnya, pelaku pasar kini sedang gelisah, sebab Presiden Jokowi mengatakan bahwa situasi perekonomian dan geopolitik global sedang tidak stabil. 

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

"Jokowi blak-blakan mengutarakan kalau ia berharap negara-negara bisa memberi kabar jika ingin berperang, agar negara lain bisa mempersiapkan diri terhadap situasi ini," kata Ibrahim dalam risetnya Jumat, 1 Desember 2023. 

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Ibrahim menuturkan, saat ini inflasi dan suku bunga tinggi ada di Amerika Serikat (AS), sedangkan Tiongkok ekonominya melambat dan mengalami krisis properti. Selain itu, kini tengah terjadi konflik perang antara Israel dan Hamas. 

Sehingga dengan itu, Jokowi meminta untuk bersama-sama mengantisipasi dampak dari perang tersebut. Karena dampak dari perang tersebut bisa merambat ke berbagai aspek seperti gangguan rantai pasok global, lonjakan harga pangan, hingga lonjakan harga energi.

"Mata uang rupiah fluktuatif. Namun, ditutup melemah di rentang Rp 15.500- Rp 15.570," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya