Rupiah Dibuka Menguat di Level Rp 15.432 per Dolar AS

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Senin pagi, 4 Desember 2023. Rupiah menguat sebesar 54 poin atau 0,35 persen ke posisi Rp 15.432 per dolar AS

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau Jumat sore, mematok rupiah di angka Rp 15.524 per dolar AS.

Ilustrasi rupiah melemah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpotensi menguat pada hari ini. Hal itu dipicu oleh ekspektasi pasar atas pernyataan Gubernur Jerome Powell di akhir pekan lalu, yang lebih dovish dibandingkan sebelumnya.

"Ekspektasi pemangkasan suku bunga acuan AS sebelum pertengahan tahun depan meningkat. Menurut survei CME FedWatch Tool probabilitas pemangkasan di Maret naik menjadi sekitar 60 persen dari sebelumnya 21 persen," kata Ariston kepada VIVA Senin, 4 Desember 2023. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

Selain itu jelas Ariston, data PMI manufaktur AS yang dirilis Jumat malam kemarin juga memperlihatkan kondisi manufaktur AS yang masih terkontraksi.

"Hal ini mendukung ekspektasi bahwa suku bunga the Fed tidak lama lagi dipangkas," jelasnya.

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sedangkan dari dalam negeri, Ariston mengatakan bahwa kondisi inflasi yang masih terkendali, membantu memberikan sentimen positif ke rupiah. 

Adapun potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS hari ini ke arah Rp 15.450-Rp 15.400. Sementara resisten di kisaran Rp 15.500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya